Liga Indonesia

Serial Skuat Emas SEA Games 1991: Robby Darwis, Tak Ada Duanya di Timnas Indonesia

Selasa, 12 November 2019 17:59 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Ilustrasi INDOSPORT/Eli Suhaeli
Salah satu legenda hidup Timnas Indonesia, Robby Darwis yang turut sukses meraih medali emas SEA Games 1987 dan 1991. Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT/Eli Suhaeli
Salah satu legenda hidup Timnas Indonesia, Robby Darwis yang turut sukses meraih medali emas SEA Games 1987 dan 1991.

INDOSPORT.COM - SEA Games 1991 menjadi salah satu event internasional yang tidak bisa dilupakan oleh mantan pemain Timnas Indonesia yang juga legenda Persib Bandung, Robby Darwis

Pasalnya, pada SEA Games yang berlangsung di Filipina tersebut, Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas, setelah mengalahkan Thailand melalui adu penalti 4-3 (0-0).

Selain itu, mantan pemain belakang ini menuturkan, hampir absen pada SEA Games 1991, lantaran satu hari sebelum berangkat ke Filipina tangannya mengalami cedera. Namun, saat itu pelatih Timnas Anatoli Polosin tetap membawanya.

Secara eksklusif, ia bercerita kepada INDOSPORT dalam rangka hitung mundur SEA Games 2019.

"Pengalaman yang sangat baik itu sebelum berangkat ke Filipina itu kita uji coba lawan Warna Agung kalau gak salah waktu itu di Pluit, kebetulan saat itu tangan saya retak. Padahal besoknya akan berangkat itu yang sangat mengharukan bagi saya," buka Robby. 

"Saran dokter itu istirahat dua sampai tiga bulan, sempat di gips juga, suruh istirahat. Tapi pelatih saat itu Anatoli Polosin, suruh ikut berangkat, kesatu pemulihan di sana, karena kita sudah bentuk kerangka tim dan saya salah satu yang intinya, kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sekitar 3-4 bulan, kebetulan saat itu harinya ada kejadian (retak tulang) kita harus berangkat dan diusahan bisa main," ungkapnya. 

Saat pertandingan, Robby mengaku tidak menemui kendala, hanya saja ia tak menampik ada rasa canggung di bagian tangannya, karena menggunakan gips. 

"Saat sampai di sana gips nya dicabut, diganti gips yang kecil sama dokter tim. Gak masalah karena gips nya ringan, gak terlalu menganggu pergerakan kita, cuman gak biasa, jadi ada canggung ada saja," jelasnya.

Emas Kedua SEA Games Robby Darwis

Robby menuturkan, sempat tak menyangka skuat Garuda bisa kembali meraih medali emas pada ajang tersebut, setelah sebelumnya meraih medali emas di SEA Games 1987 yang digelar di Indonesia. 

"Kita merasa kaget juga bisa juara, 87 kita juara, kemudian yang dijagokan meraih medali emas kan Thailand, jadi kita sebagai tim underdog. Tapi kita sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari, kita juga sudah merasa kompak jadi siap melawan siapapun di final dan punya motivasi lebih ingin merebut kembali medali emas," tegasnya. 

Sebagai informasi, pria yang kini berusia 55 tahun tersebut juga turut memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 1987 dan berhasil membawa skuat Garuda meraih medali emas ketika itu.

Robby Darwis menjadi satu di antara 18 pemain dalam skuat juara SEA Games 1991 yang diulas satu per satu oleh INDOSPORT. Nantikan ulasan tentang pemain lainnya.