Liga Indonesia

Wasit Dwi Susilo Dinilai Tak Layak Pimpin Laga Persib Bandung vs Arema FC

Selasa, 12 November 2019 19:46 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek Arema FC, Alfin Tuasalamony sampai menyimpulkan bahwa wasit Dwi Susilo sudah tidak layak lagi untuk memimpin laga super big match Liga 1 sekelas Arema FC kontra Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (12/11/19) sore.

Penilaian itu menggambarkan bahwa Wasit asal DKI Jakarta tersebut memang memimpin dengan tidak fair bagi Arema FC. Terutama saat tidak menunjukkan sikap fair play atas pelanggaran yang dilakukan Nick Kuipers kepada Jayus Hariono di menit ke-6.

Disebutkan Alfin, bahwa dampak dari insiden di lapangan tengah itu sangat besar. Rekan setimnya kehilangan fokusnya, hingga tidak menutup ruang gerak Kim Jeffrey Kurniawan saat melesakkan gol melalui sepakan keras.

"Gol pertama memang menghancurkan pertahanan kami. Bola itu seharusnya fair play, sehingga kami juga tidak konsentrasi," bilang Alfin Tuasalamony.

Sehingga tidak salah jika dirinya menyimpulkan Dwi Susilo memilki kinerja yang buruk. Bahkan, Alfin menilai wasit sepeti itu tidak pantas memimpin super big match sekelas Liga 1, seperti Arema FC kontra Persib di kemudian hari.

"Wasit seperti ini bisa mengancurkan sepak bola kita. Dan dia tidak layak memimpin pertandingan sebesar ini," tegas Fullback Arema FC tersebut.

"Ini pertandingan besar, live ditonton oleh banyak orang. Tapi dipimpin wasit seperti ini, jadi percuma," sambung dia.

Pada laga yang dibanjiri lebih dari 26 ribu suporter Persib, Arema FC menyerah tiga gol tanpa balas kepada tim tuan rumah. Gol pertama Kim Jeffrey itu dilanjutkan oleh lesakkan Omid Nazari di menit 35 dan Fretz Butuan empat menit setelahnya.