Liga Indonesia

5 Pemain Sepak Bola yang Pernah Bela Persebaya dan PSM Makassar

Rabu, 13 November 2019 19:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/Fitra Herdian
Sedikitnya ada 5 pemain sepak bola yang pernah membela klub Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya dan PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT/Fitra Herdian
Sedikitnya ada 5 pemain sepak bola yang pernah membela klub Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 5 pemain sepak bola yang pernah membela klub Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Pertandingan Persebaya vs PSM bakal dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/19), pukul 18.30 WIB. Ini merupakan laga tunda pekan ke-26.

Persebaya membawa 18 pemain untuk menjalani laga nanti. Sederet nama mulai dari Miswar Saputra, Ruben Sanadi, Aryn Williams, hingga Irfan Jaya disiapkan.

Sementara itu PSM juga menyiapkan 18 pemain andalan untuk pertandingan mendatang. Hanya Willjan Pluim (akumulasi kartu kuning dan cedera), Abdul Rahman (cedera), Bayu Gatra (cedera), dan Guy Junior (cedera) yang tak dibawa.

Meski begitu pertandingan Persebaya vs PSM diprediksi bakal berlangsung begitu panas. Lantaran kedua tim belum merasakan kemenangan lagi.

Akan tetapi ada hal yang tampaknya luput dari penggemar sepak bola nasional, yakni bahwa ada deretan pemain yang pernah membela kedua tim.

Maka dari itu di bawah ini ada sedikitnya lima pemain yang pernah membela Persebaya maupun PSM. Simak utas berikut.

1. Imam Arief Fadillah

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Imam Arif Fadillah ikut trial di Persebaya Surabaya. Kamis (10/1/19) Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTImam Arief Fadillah ikut trial di klub Liga 1 2019 Persebaya Surabaya, Kamis (10/1/19).

Pemain yang berposisi sebagai kiper, Imam Arief Fadillah, pernah membela kedua tim yang dimaksud. Tampaknya ini bakal menjadi laga emosional.

Imam saat ini (2019) menjadi kiper Persebaya dan baru tampil sekali. Namun pada 2018, dirinya pernah membela PSM dengan status pinjaman dari Persib dan juga tampil sekali.

2. Irfan Jaya

© INDOSPORT/Muhammad Fikri
Kiprah Irfan Jaya di Persebaya Copyright: INDOSPORT/Muhammad FikriKiprah Irfan Jaya di klub Liga 1 2019 Persebaya.

Kemudian ada pemain yang berposisi sebagai winger, yakni Irfan Jaya. Pemain asal Bantaeng berusia 23 tahun ini pernah membela kedua kesebelasan.

Irfan Jaya sudah sejak 2017 membela Persebaya dengan membuat 24 gol dari 62 pertandingan dan masih akan bertambah. Namun Irfan diketahui pernah membela PSM U-21.

3. Guy Junior Ondoua

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Guy Junior jalani latihan bersama PSM Makassar. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTGuy Junior jalani latihan bersama klub Liga 1 2019 PSM Makassar.

Lalu ada pemain naturalisasi asal Kamerun Guy Junior Ondoua yang ternyata diketahui juga pernah membela kedua tim Liga 1 yang bakal bertarung nanti.

Guy Junior pernah membela Persebaya pada 2008 lalu dan membuat empat gol dari 12 laga. Namun sejak 2018, Guy Junior dikontrak PSM dan membuat 10 gol dari 37 laga serta masih bisa bertambah.

4. Raphael Maitimo

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Official training tim PSM Makassar jelang lawan Persija Jakarta di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Selasa (27/08/19). Pemain baru mereka Raphael Maitimo sudah terlihat berlatih bersama dengan tim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTOfficial training tim PSM Makassar jelang lawan Persija Jakarta di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Selasa (27/08/19). Pemain baru mereka Raphael Maitimo sudah terlihat berlatih bersama dengan tim

Lalu adapula pemain naturalisasi asal Belanda Raphael Maitimo yang juga diketahui pernah membela Persebaya dan PSM. Kini dirinya dihadapkan laga emosional.

Maitimo pernah membela Persebaya pada 2018 dengan membuat dua laga. Kini (2019) Maitimo membela PSM dan sudah membukukan 13 pertandingan.

5. Amido Balde

© Media PSM Makassar
Aksi penyerang asing baru PSM Makassar, Amido Balde, melawan Persela Lamongan. Pada laga tersebut, Balde mencetak satu gol lewat tendangan penalti. Copyright: Media PSM MakassarAksi penyerang asing baru PSM Makassar, Amido Balde, melawan Persela Lamongan. Pada laga tersebut, Balde mencetak satu gol lewat tendangan penalti.

Terakhir ada striker asal Guinea-Bissau Amido Balde yang juga pernah membela kedua kesebelasan besar Liga 1 ini. Bahkan perpindahannya begitu cepat.

Pada awal musim 2019, Balde dikontrak Persebaya dan membuat lima gol dari sembilan laga. Lalu di pertengahan musim, Balde pindah ke PSM serta sudah membukukan tiga gol dari delapan pertandingan (masih bisa bertambah).