Bola Internasional

Finlandia Jadi Debutan di Euro 2020, Suporter Langsung Pesta Pora

Minggu, 17 November 2019 16:10 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Teemu Pukki, penyerang Timnas Finlandia berhasil mengantarkan Finlandia lolos ke Euro 2020. Copyright: © Mike Kireev/NurPhoto via Getty Images
Teemu Pukki, penyerang Timnas Finlandia berhasil mengantarkan Finlandia lolos ke Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Teemu Pukki membawa Timnas Finlandia lolos dari fase Kualifikasi Euro 2020 setelah mengandaskan Liechtenstein 3-0 dalam Sabtu (16/11/19).

Teemu Pukki menjadi pemain terbaik di laga tersebut setelah berhasil mencetak 2 gol dan membawa Finlandia menang 3 gol tanpa balas.

Suporter pun membanjiri jalanan ibu kota Finlandia, Helsinki, setelah skuat kesayangan mereka memastikan satu tempat di Euro 2020 dan saat ini berada di peringkat dua klasemen sementara Grup J di bawah Italia.

Timnas Finlandia mencatat sejarah sebagai tim debutan di Euro 2020 setelah belum pernah tampil sama sekali di gelaran bergengsi 4 tahunan tersebut.

Dilansir dari USA Today, masyarakat Finlandia banyak yang menunggu momen keberhasilan negaranya tampil di gelaran bergengsi internasional tersebut. Apalagi, setelah bertahun-tahun generasi pemain mereka tampil mengecewakan.

Kiprah Timnas Finlandia di kancah internasional tercatat hanya saat mereka bertanding di cabang sepak bola Olimpiade. Hal tersebut dianggap oleh beberapa masyarakat Finlandia bukan merupakan keikutsertaan di gelaran besar turnamen sepak bola.

Dengan materi pemain merata dari lini belakang sampai lini depan, skuat Finlandia sekarang mungkin dapat dikatakan sebagai generasi emas sepak bola Finlandia setelah era Jari Litmanen dkk.

Menarik untuk melihat kejutan yang ditampilkan oleh Teemu Pukki cs di Euro 2020 mendatang. Apakah nantinya Finlandia akan menjadi debutan yang penuh kejutan, seperti yang ditampilkan Islandia di Euro 2016 silam? Kita tunggu saja.