Liga Indonesia

Curhat Jacksen Tiago Usai Persipura Dihajar 4 Gol dari PSM

Selasa, 19 November 2019 08:33 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persipura
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat konferensi pers usai pertandingan Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura. Copyright: © Media Officer Persipura
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat konferensi pers usai pertandingan Liga 1 2019 antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Jacksen F. Tiago merasa tak bahagia dengan kekalahan telak yang diderita Persipura Jayapura di markas PSM Makassar, Stadion Mattoanging, Senin (18/11/19) dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019. Ia mengatakan hal tersebut saat menjawab pertanyaan wartawan seusai laga.

Pelatih asal Brasil ini bahkan sedikit ber-curhat di depan sejumlah wartawan soal perasaannya melihat timnya dihajar dengan empat gol tanpa balas.

Jacksen menuturkan, ia merasa tak enjoy dengan hasil buruk yang diderita anak asuhnya itu, namun ia mengaku sudah merasakan pahit senangnya hidup sejak menjadi pemain hingga berkarier sebagai pelatih. Dan kekalahan timnya di markas PSM hanya bagian kecil yang tak perlu terus disedihkan.

"Saya sebagai olahragawan pernah merasakan sukses dan meraih gelar juara  tapi saya tidak sombong dan saya tidak pernah rasa besar kepala, begitupun pada saat saya kalah. Saya tidak mau terlalu larut dalam kesedihan karena saya tahu hidup seperti itu," ungkap Jacksen saat konferensi pers usai laga.

"Saya merasa tidak enjoy dengan hasil ini, tim saya baru saja dihajar empat gol dan jelas saya tidak merasa senang. Tapi saya harus menghadapi publik dengan gentle dan saya tidak mungkin menunjukkan kesedihan saya kepada publik," tambahnya.

Jacksen yang merupakan eks bintang PSM di musim 1995-1996 bahkan mengaku sudah legowo dengan hasil tersebut, meskipun dirinya sangat merasa tak bahagia, mengingat timnya kembali gagal mendapatkan kemenangan.

"Ini adalah pekerjaan saya dan saya hidup untuk melakukan pekerjaan ini, mau kalah seratus kali pun saya tidak pernah terlalu larut dalam kesedihan," tuturnya.

Jacksen juga membeberkan kebiasaannya seusai pertandingan yang dilakoni Persipura. Ia mengaku tak pernah bersama-sama tim saat tiba di penginapan sehabis bertanding, baik dalam hasil menang maupun kalah. Jacksen lebih memilih mengoreksi diri dan berdoa di kamar hotel selepas pertandingan.

"Setiap pertandingan selesai mau menang atau kalah para pemain tidak pernah melihat saya, makan pun tidak, saya langsung masuk kamar dan mengoreksi diri di mana salah saya dan berdoa. Itu cara saya merayakan kemenangan maupun kekalahan," pungkasnya. 

Dalam laga Liga 1 yang berlangsung Senin (18/11/19) semalam, Persipura dibabat empat gol tanpa balas oleh PSM. Gol-gol Juku Eja dicetak oleh Ezra Walian (12'), Muhammad Rizky Eka Pratama (34'), Amido Balde (45+2'), dan Ferdinand Sinaga (90+2'). 

1