Liga Indonesia

Alasan Jebolan Leicester City Ini Gabung Klub Liga 2 Indonesia

Rabu, 20 November 2019 13:23 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Dani Suryadi, analis statistik lulusan Liga Inggris, Leicester City resmi bergabung dengan Persis Solo. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Dani Suryadi, analis statistik lulusan Liga Inggris, Leicester City resmi bergabung dengan Persis Solo.

INDOSPORT.COM - Persis Solo cukup serius membangun skuat untuk menghadapi kompetisi Liga 2 2020. Tidak hanya dari sisi pemain, namun komposisi tim pelatih juga diperkuat oleh manajemen.

Salah satunya kedatangan sosok bernama Dani Suryadi yang diplot sebagai asisten pelatih. Pria asal Bandung itu bakal lebih fokus pada hal analisa dan statistik para pemain.

"Saya akan membantu coach Salahudin dalam hal apapun terkait kebutuhan pelatih kepala. Namun, memang lebih ke penjabaran statistik," kata Dani kepada awak media termasuk INDOSPORT, Rabu (20/11/19).

Dani sendiri bukan sosok sembarangan. Pria kelahiran Bandung 9 November 1990 itu pernah kursus lisensi kepelatihan di Liga Inggris bersama Hull City dan Leicester City.

"Dulu awalnya sering nonton sepak bola terus menganalisa titik mana yang salah dan saya jabarkan ke tulisan. Ternyata itu digunakan dalam ilmu kepelatihan. Semua harus menggunakan data dan analisa, tidak sekadar membaca kualitas di lapangan," ujar dia.

Lisensi Level 2 FA UEFA yang diraihnya beberapa tahun silam jadi modal untuk meniti karier di klub sepak bola Indonesia. Sejauh ini, Dani pernah membantu Akademi Persib Bandung dan PSSI, hingga klub Liga 3, Jakarta United dalam hal analisas statistik.

Dani memberikan alasan berkait keputusan bergabung dengan Persis. Tantangan dan keseriusan manajemen jadi faktor utama dirinya menerima pinangan tim Laskar Sambernyawa.

"Setelah pulang dari Inggris saya sempat tidak tahu akan ke mana, karena kiblat sepak bolanya berbeda. Namun, saya mencoba jadi volunteer di Persib dan sekarang Persis," ungkap Dani Suryadi.