Liga Inggris

Mengejutkan! Ternyata Ada 'Kutukan Ajax' di Balik Pemecatan Pochettino

Kamis, 21 November 2019 17:04 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Pemecatan pelatih klub Liga Inggris Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, ternyata ada campur tangan Ajax Amsterdam yang disebut 'kutukan Ajax'. Copyright: © Getty Images
Pemecatan pelatih klub Liga Inggris Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, ternyata ada campur tangan Ajax Amsterdam yang disebut 'kutukan Ajax'.

INDOSPORT.COM - Pemecatan pelatih sepak bola Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, ternyata ada campur tangan Ajax Amsterdam yang disebut 'kutukan Ajax'.

Pada Rabu, 20 November 2019 dini hari WIB, klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, resmi memecat Mauricio Pochettino dari kursi kepelatihannya. Selang beberapa jam kemudian, mereka langsung memanggil Jose Mourinho untuk mengisi posisi tersebut.

Meski selama ini dikabarkan keputusan The Spurs untuk mendepak Pochettino adalah karena sang pelatih kurang mumpuni dalam mengembalikan kejayaan klub tersebut di Liga Inggris musim ini, tapi ternyata ada hal lain yang mempengaruhi peristiwa tersebut.

Melansir dari laman portal berita olahraga Daily Mail, banyak yang percaya bahwa pemecatan Pochettino itu terkait dengan 'kutukan Ajax' dimana banyak klub yang melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, akhirnya harus mengganti pelatih mereka.

Tercatat ada enam klub yang telah mengganti pelatih mereka setelah melawan Ajax di Liga Champions. Enam klub tersebut adalah Benfica, AEK Athens, Real Madrid, Juventus, Bayern Munchen, dan Tottenham Hotspur.

Benfica telah memecat pelatih mereka, Rui Vitoria pada 4 Januari 2019 setelah melatih klub asal Portugal itu selama lebih dari tiga tahun dan menggantinya dengan Bruno Lage. Peristiwa itu terjadi setelah mereka melawan Ajax di Liga Champions pada 8 November 2018 yang berakhir dengan skor 1-1.

AEK Athens juga mengalami nasib serupa. Mereka memecat Marinos Ouzounidis dan menggatinya dengan Manolo Jimenez pada 5 Februari 2019. Peristiwa itu terjadi setelah mereka kalah melawan Ajax di Liga Champions dengan skor 0-2 pada 28 November 2018.

Santiago Solari yang melatih Real Madrid juga harus mengalami pemecatan pada 11 Maret 2019 dan diganti oleh bintang asal Prancis, Zinedine Zidane. Peristiwa ini terjadi hanya beberapa hari setelah mereka menghadapi Ajax dengan kekalahan 1-4 di Liga Champions pada 6 Maret 2019.

Juventus juga memecat pelatih mereka, Massimiliano Allegri pada musim panas 2019 dan menggantikannya dengan eks pelatih Chelsea, Maurizio Sarri. Hal ini juga terjadi setelah mereka melawan Ajax di Liga Champions pada 17 April 2019 yang lalu.

Niko Kovac yang telah melatih Bayern Munchen sejak 2018 yang lalu, telah menyatakan diri untuk keluar dari klub Bundesliga Jerman itu pada 3 November 2019. Hal ini juga terjadi setelah mereka bermain imbang 3-3 melawan Ajax pada 13 Desember 2018 yang lalu.

Sekarang, Mauricio Pochettino menambah daftar panjang 'kutukan Ajax' tersebut. Pihak Tottenham Hotspur telah memecatnya dan merekrut Jose Mourinho setelah mereka sebelumnya pernah melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions musim lalu, tepatnya pada 9 Mei 2019.

Terlepas dari benar atau tidaknya 'kutukan Ajax' tersebut, yang pasti keenam klub tersebut telah mengganti pelatih mereka setelah melawan Ajax Amsterdam. Namun jika melihat dari sisi positifnya, hadirnya pelatih baru tentu akan membawa angin segar bagi setiap klub tersebut.