Liga Indonesia

Sebelum Ruud Gullit Diincar, 3 Pelatih Belanda yang Sukses di Timnas Indonesia

Rabu, 4 Desember 2019 20:01 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Belanda Ruud Gullit dikabarkan masuk dalam daftar incaran PSSI untuk menangani Timnas Indonesia pada tahun depan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengungkapkan bahwa pihaknya telah mencoba untuk menghubungi Ruud Gullit.

Akan tetapi, belum ada respons dari legenda Timnas Belanda dan AC Milan tersebut. PSSI pun masih menunggu dan berharap agar Gullit merespons dengan positif.

"Kami sudah mengontak Ruud Gullit sejak seminggu yang lalu. Namun, belum ada respons dari dirinya. Mudah-mudahan ada kabar," ungkap Iwan Bule seperti dilansir dari Antara.

Ini bukan kali pertama PSSI menunjuk pelatih Belanda untuk menukangi Tim Garuda. Bahkan kebanyakan dari mereka memiliki prestasi yang sangat gemilang bersama Timnas Indonesia.

Jauh sebelum PSSI mengontak Gullit, nyatanya Timnas Indonesia sempat tampil apik dan cukup menakutkan di bawah arahan juru taktik asal Belanda.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pelatih Belanda yang cemerlang di Timnas Indonesia, sebelum isu Ruud Gullit muncul sebagai kandidat.

1. Johannes Mastenbroek

Johannes Mastenbroek merupakan pelatih pertama asal Belanda yang menukangi Timnas Indonesia (saat itu namanya Hinda Belanda) pada periode 1934-1938.

Dirinya berhasil membantu Timnas Indonesia meraih medali perak di ajang Far Eeastern Championship Games 1934. Saat itu Mastenbroek hanya mampu finis di peringkat kedua dengan torehan dua poin.

Timnas Indonesia berhasil meraih satu kemenangan telak 7-1 atas Jepang. Sementara itu kalah dua kali di tangan China (0-2) dan Filipina (2-3).

Mastenbroek juga menemani langkah Timnas Indonesia atau Hindia Belanda di Piala Dunia 1938. Sayangnya, mereka langsung gugur usai tumbang 0-6 dari Hungaria di babak 16 besar.

2. Wiel Coerver

© Istimewa
Wiel Coerver merupakan salah satu mantan pelatih asal Belanda yang sukses bersama Timnas Indonesia. Copyright: IstimewaWiel Coerver merupakan salah satu mantan pelatih asal Belanda yang sukses bersama Timnas Indonesia.

Wiel Coerver berhasil pelatih Belanda yang sukses memberikan medali SEA Games pertama untuk Timnas Indonesia. itu ia torehkan pada tahun 1979 silam.

Saat itu, Timnas Indonesia harus tumbang 0-1 dari Malaysia di partai puncak SEA Games 1979 silam. Alhasil, Tim Garuda hanya mampu meraih medali perak.

Coerver memang memiliki peran yang cukup penting di persepakbolaan Indonesia. bahkan dirinya mendapatkan julukan Alber Einstein untuk sepak bola nasional.

3. Henk Wullems

Nama terakhir pelatih Belanda yang terbilang sukses di Timnas Indonesia adalah Henk Wullems. Dirinya berhasil mempersembahkan medali perak dia ajang SEA Games 1997 silam.

Pada ajang tersebut, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 2-1 di ajang semifinal. Dua gol itu didapatkan melalui kreasi Bima Sakti dan Fakhri Husaini.

Sementara di partai puncak SEA Games 1997, TImnas Indonesia harus tumbang di tangan Thailand lewat drama adu penalti. Dua eksekutor (Ronny Wabia dan Uston Nawawi) terakhir Tim Garuda gagal menyarangkan bola ke gawang.