Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Barito Putera vs Semen Padang: 3 Poin Penting Kabau Sirah

Jumat, 6 Desember 2019 20:33 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Semen Padang berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Barito Putera, dalam lawatan tandangnya ke Stadion Demang Lehman, di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-31, Jumat (06/12/19) malam WIB.

Masing-masing gol diciptakan oleh Vanderlei Francisco menit ke-10 dan 79, serta satu gol lain dicetak oleh Flavio Beck Junior menit ke-84.

Dengan hasil pertandingan ini, Semen Padang untuk sementara naik dua peringkat ke posisi 16 dari sebelumnya 18 dengan 31 poin. 

Sementara untuk Barito Putera, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi ke-13 dengan jumlah 37 poin dari 31 pertandingan yang sudah dilaluinya.

Mereka berpeluang terlepas dari jerat zona degradasi, andai Persela kalah melawan PSM Makassar di pekan ke-31, Sabtu (07/12/19) besok, serta tiga pertandingan sisa mampu disapu bersih oleh Semen Padang dengan kemenangan.

Jalannya Pertandingan 

Permainan terbuka langsung ditampilkan kedua tim sejak peluit babak pertama dibunyikan. Pada lima menit pertama, tuan rumah memegang kendali permainan, dengan pola seranganya yang teratur.

Sayap kiri jadi motor serangan mereka, untuk menembus pertahanan lawan. Akan tetapi upaya tersebut belum membuahkan hasil, karena mampu dipatahkan barisan belakang Semen Padang.

Petaka bagi Barito Putera datang di menit ke-10. Keasikan menyerang, gawang Laskar Antasari yang dikawal Aditya Harlan malah kebobolan lebih dahulu.

Lewat skema serangan balik, Vanderlei Francisco berhasil memanfaatkan bola liar hasil sepakan Karl Max Barthelemy yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Aditya. Semen Padang pun unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat publik tuan rumah langsung tersentak dan meningkatkan agresifitas permainan untuk menyamakan kedudukan.

Rafael da Silva mendapatkan peluang pertamanya namun tendangannya masih belum menemui sasaran gawang tim tamu. Hingga memasuki menit ke-20, lini serang tuan rumah masih belum berjalan efektif.

Justru Semen Padang lah yang tampil sangat baik di laga ini. Kabau Sirah nyaris saja mampu menggandakan keunggulan setelah Flavio Beck mendapatkan peluang emas di menit ke-20.

Beruntung Adhitya Harlan mampu melakukan blok krusial terhadap tendangan dari Flavio Beck. Memasuki setengah jam pertandingan berlangsung, serangan yang dilancarkan oleh Barito Putera masih belum membuahkan hasil.

Hal itu karena penyelesaian akhir yang buruk, bahkan sampai wasit menium peluit tanda jeda skor 1-0 tak berubah. Memasuki babak kedua, Semen Padang lebih berani untuk tampil menyerang. 

Alhasil, gawang tuan rumah kembali bobol. Pada menit ke-77, Vanderlei mencetak gol keduanya untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Empat menit berselang, Aditya Harlan harus kembali memungut bola dari gawangnya setelah Flavio Beck memperbesar skor menjadi 3-0 untuk Semen Padang. Hingga wasit meniup peluit panjang, papan skor tak berubah

Susunan Pemain

Barito Putera: Adhitya Harlan; Rony Esar Beroperay, Andri Ibom Dandi Maulana, Donny Harold; Bayu Pradana, Kozuke Yamazaki, Fransisco Wagsley; Samsul Arif, Rafael da Silva, Yakob Sayuri.

Semen Padang: Rendy Oscario; Roni Rosadi, Dedy Gusmawan, Syaeful Anwar; Dedi Hartono, Yu Hyunkoo, Leo Guntara, Kristof Yoku, Flavio Beck Junior; Dany Karl Max, Vanderlei Francisco.