Liga Champions

Termasuk Liverpool, 3 Klub Besar Ini Terancam Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Senin, 9 Desember 2019 21:43 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Liverpool, Alex Oxlade Chamberlain dan Virgil van Dijk usai merayakan gol ke gawang Genk pertandingan Liga Champions UEFA, Kamis (23/10/19). Copyright: © Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Liverpool, Alex Oxlade Chamberlain dan Virgil van Dijk usai merayakan gol ke gawang Genk pertandingan Liga Champions UEFA, Kamis (23/10/19).

INDOSPORT.COM - Liverpool, Inter Milan dan Borussia Dortmund masih terancam gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019/20 meski memiliki nama besar.

Nama besar bahkan status juara bertahan, tak menjamin sebuah klub akan mudah melewati fase grup Liga Champions. Terbukti saat ini setidaknya ada tiga klub yang terancam gagal lolos ke babak 16 besar, disaat pertandingan fase grup tinggal menyisakan satu laga lagi.

Salah satu tim yang berpeluang gagal itu bahkan adalah juara bertahan Liga Champoins, Liverpool. Menduduki puncak klasemen grup E saat ini, posisi Liverpool menjadi tidak aman sebab mereka hanya berselisih satu poin dari Napoli di bawahnya, juga RB Salzburg di peringkat tiga.

Menjadi berat buat Liverpool, sebab mereka harus bertandang ke markas RB Salzburg di pertandingan terakhir. Dengan asumsi melawan Salzburg di Anfield saja Liverpool harus susah payah menang dalam skor 4-3, maka bukan tak mungkin kejutan terjadi nanti di Swiss.

Jika Liverpool kalah, maka poin mereka akan sama dengan RB Salzburg dan kondisi itu jadi merugikan, karena saat ini saja RB Salzburg telah unggul selisih gol dari Liverpool.

Posisi Liverpool semakin sulit, sebab pesaing mereka lainnya, Napoli hanya akan melawan juru kunci, Genk, di kandang sendiri. Sebuah laga yang hampir pasti bisa dilewati Napoli dengan kemenangan. 

Jika skenario di atas tercipta, maka Napoli yang lolos dnegan status juara grup E dengan poin 12. Didampingi Salzburg dengan poin 10. Sementara Liverpool harus puas terlempar ke Liga Europa.

Inter Milan dan Borussia Dortmund

Selain Liverpool, dua tim besar lainnya yang terancam gagal di fase grup Liga Champions adalah Inter Milan dan Borussia Dortmund. Klub yang sama-sama tergabung di grup F, bersama Barcelona.

Dengan poin sama-sama tujuh dan tak mungkin mengejar 11 poin milik Barcelona kedua tim sama-sama tak menguntungkan, disaat harus saling tikung di laga terakhir.

Borussia Dortmund misalnya, meski hanya akan menghadapi Slavia Praha, kemenangan mereka nanti tak akan ada artinya andai Inter Milan bisa mengalahkan Barcelona.

Jika Dortmund menang dan Inter Milan juga menang, maka Inter Milan yang akan lolos, mendampingi Barcelona dnegan bekan keunggulan agregat gol dari Dortmund.

Meski begitu, posisi Inter Milan sebenarnya juga masih tak aman. Karena Barcelona tentu bukan klub yang mudah untuk mereka kalahkan. Sekalipun akan bermain di kandang snediri, Stadion Giuseppe Meazza.

Jika sedikit saja terpeleset, hanya mendapatkan hasil imbang. Sementara di sisi lain Borussia Dortmund menang dari Slavia Praha, maka poin Inter Milan menjadi delapan. Angka itu akan tertinggal dua poin dari poin sembilan milik Dortmund nantinya.

Maka jika itu terjadi Inter Milan harus ucapkan selamat tinggal kepada Liga Champions 2019/20 dan menyerahkan tiket lolos babak 16 besar kepada pesaingnya Borussia Dortmund.