Liga Spanyol

3 Wonderkid yang Bernasib Sial Saat Berseragam Barcelona

Senin, 9 Desember 2019 18:07 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Indosport
Bojan Krkic, salah satu pemain yang gagal saat masih berseragam klub LaLiga, Barcelona. Copyright: © Indosport
Bojan Krkic, salah satu pemain yang gagal saat masih berseragam klub LaLiga, Barcelona.

INDOSPORT.COMBarcelona sejak dulu dikenal akan kemampuan mereka menciptakan bintang-bintang masa depan dunia persepakbolaan melalui akademi legendaris mereka, La Masia.

Beberapa contoh yang paling terkenal adalah Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez. Tetapi dari sekian banyak alumni La Masia, tidak semuanya mentas menjadi bintang sepakbola dan tampil sesuai harapan publik pecinta sepakbola. Beberapa di antaranya harus gagal dan mengubur mimpinya untuk dapat dielu-elukan namanya setiap kali bertanding.

Dilansir dari Soccer Laduma, berikut adalah deretan wonderkid Barcelona lulusan La Masia yang gagal tampil sesuai harapan dan namanya sekarang jauh dari hingar bingar persepakbola-an papan atas dunia.

Bojan Krkic

Meskipun berhasil mencetak 41 gol dari 163 penampilan bersama Barcelona, Bojan dianggap gagal memenuhi harapan dan standar tinggi pemain Barca. Dirinya harus rela dibuang ke AS Roma untuk kemudian berkelana ke berbagai klub seperti AC Milan, Ajax, Stoke City, Mainz 05, dan Alaves. Saat ini Bojan terdampar di MLS dan bermain untuk Montreal Impact.

Giovani dos Santos

Pemain yang terkenal akan teknik dan kreatifitasnya di atas lapangan ini sempat tampil untuk raksasa LaLiga Spanyol tersebut selama 1 musim setelah pada musim sebelumnya pemain berdarah Mexico ini berhasil tampil impresif di Barcelona B.

Dos Santos tercatat membukukan 38 penampilan dan mencetak 4 gol sebelum kemudian dilego ke Tottenham Hotspur pada tahun 2008 yang lalu. Selanjutnya seperti kita ketahui, pesona dirinya mulai pudar. Sempat bermain untuk klub Liga Championship, Ipswich Town, saat ini Dos Santos menikmati hidupnya di MLS dan bermain untuk LA Galaxy.

Cristian Tello

Saat ini, Tello sedang menjalani kebangkitannya kembali bersama Real Betis di LaLiga Spanyol. Beberapa musim sebelumnya, penyerang kelahiran Catalan ini dilabeli sebagai calon bintang masa depan yang akan meneruskan sejarah panjang La Masia.

Namun, agaknya label tersebut terlalu berat untuk Tello. Penampilannya yang inkonsisten membuatnya dipandang tidak dapat memenuhi harapan para suporter Barcelona. Dirinya kemudian dibuang Barcelona setelah 8 musim membela Blaugrana dan mencatatkan 59 penampilan serta mencetak 11 gol.

Dengan kehadiran Ansu Fati yang mampu memecahkan beberapa rekor milik Barcelona, apakah dirinya kemudian akan muncul menjadi bintang baru jebolan La Masia atau nasibnya sama seperti beberapa pendahulunya tersebut. Terang sekali sehabis itu harus rela ditelan kesunyian.