Bola Internasional

Pernah Kalahkan Liverpool, Ini Fakta Klub Anderlecht yang Minati Pemain Muda Indonesia

Selasa, 10 Desember 2019 22:53 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pernah kalahkan Liverpool di partai final, berikut beberapa fakta menarik tentang R.S.C. Anderlecht salah klub Eropa yang disebut tengah minati pemain muda jebolan Timnas Indonesia.

Melansir dari laman sepak bola international Voetbal Nieuws, Anderlecht yang tengah mencari talenta-talenta sepak bola muda di seluruh penjuru dunia tertarik pada sosok Athallah Araihan setelah ia tampil apik bersama Timnas Indonesia U-16. 

Disebutkan jika Anderlecht sangat tertarik dengan bakat Athallah, dan berniat memboyongnya ke Belgia dengan ikatan kontrak jangka panjang.

Namun klub yang bermarkas di Stadion Constant Vanden Stock tersebut tidak akan merekrut Athallah Araihan dalam waktu dekat, karena otoritas sepak bola Belgia tidak mengizinkan klub merekrut pemain non-Uni Eropa di bawah 18 tahun.

Sehingga Anderlecht akan memantau lebih dulu perkembangan Athallah, sebelum akhirnya merekrut sang pemain beberapa tahun mendatang.

Jelang resmi bergabungnya sang pemain ke Anderlecht, berikut INDOSPORT.COM coba rangkum beberapa fakta menarik tentang klub Liga Belgia yang berniat datangkan Athallah Araihan tersebut.

Anderlecht sendiri merupakan klub sepak bola profesional asal Belgia yang berbasis di Anderlecht, dan menjadi tim Belgia paling sukses dalam kompetisi Eropa dengan catatan lima trofi, yakni dua Piala UEFA dan UEFA Super Cup, serta masing-masing satu gelar UEFA Cup dan Inter-Cities Fairs Cup.

Anderlecht juga merupakan tim yang paling sukses menjuarai kasta teratas Liga Belgia dengan raihan 34 gelar, mereka juga telah memegang rekor sebagai tim peraih Piala Belgia terbanyak berturut-turut pada musim 1963-64 dan 1967-68.

Sepanjang kariernya tampil di kompetisi Eropa, Anderlecht pernah bertemu dengan tim-tim kuat dari negara lain salah satunya adalah Liverpool serta Bayern Munchen.

Menariknya, kedua tim tersebut sukses dikalahkan Anderlecht di partai final dan membuat Les Mauves et Blancs keluar sebagai juara.

Salah satu pertandingan cukup berkesan terjadi pada ajang final European Super Cup tahun 1976 silam, dalam laga yang berlangsung dua leg tersebut Anderlecht sempat tertinggal 2-1 dari Munchen.

Namun pada leg kedua mereka mampu bangkit dan menang telak dengan skor 4-1, serta memastikan juara usai unggul agregat 5-3.

Anderlecht juga kerap kali melahirkan bintang lapangan hijau, sebut saja Romelu Lukaku, Youri Tielemans hingga Vincent Kompany pernah mengenyam pendidikan di Constant Vanden Stock.

Dengan catatan mengkilap tersebut, menarik dinanti kiprah Athallah Araihan andai sang pemain benar-benar resmi bergabung bersama Anderlecht. 

Berbekal fasilitas dan tim pelatih yang lebih baik, bukan tak mungkin Athallah Araihan dapat menjelma menjadi pemain bintang beberapa tahun kedepan.