Liga Champions

Inilah Tim yang Sudah Memastikan Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Rabu, 11 Desember 2019 08:14 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Matchday 6 Liga Champions musim 2019-20 akan segera berakhir. Berikut 14 tim yang sudah lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2019-20. 

Kompetisi sepak bola bergengsi Liga Champions musim 2019-20 sudah separuh jalan. Fase grup yang sudah berlangsung sejak 18 September lalu, akan segera mencapai akhir. 

Grup E hingga Grup H baru saja menyelesaikan pertandingan matchday 6, Rabu (11/12/19) dini hari WIB. Sedangkan Grup A hingga Grup D akan menyelesaikan pertandingan Kamis (12/12/19) dini hari WIB. 

Meski fase grup Liga Champions musim 2019-20 belum sepenuhnya usai, namun peta kekuatan di babak 16 besar sudah terlihat. 

Sebanyak 14 tim sudah memastikan diri akan berlaga di babak 16 besar, dari 14 tim tersebut sebagian berasal dari Grup A-D yang masih menyisakan satu pertandingan lagi. 

Berikut INDOSPORT merangkum 14 tim yang sudah melangkah ke babak 16 besar Liga Champions. 

PSG 

Paris Saint-Germain tampil sangat baik musim ini di Liga Champions dan belum tersentuh kekalahan dari 5 pertandingan yang telah dijalani. 

PSG mengumpulkan 13 poin dan memastikan diri menjadi juara Grup A terlepas hasil apapun yang akan mereka raih pada laga matchday 6. 

Real Madrid 

Real Madrid yang sempat terseok-seok saat kalah dari PSG dan ditahan imbang Club Brugge di kandang, akhirnya mampu bangkit dan memastikan lolos ke 16 besar. 

Real Madrid berstatus runner up Grup A karena sudah tak mungkin mengejar poin PSG meski Real Madrid menang pada matchday 6. 

Bayern Munchen 

Bayern Munchen bisa dibilang adalah tim paling sempurna di Liga Champions musim ini. Skuat berjuluk FC Hollywood ini menyapu 5 laga di fase grup dengan kemenangan. 

Bayern Munchen satu-satunya tim yang meraih poin sempurna dalam 5 laga. Dengan catatan apik itu, Bayern Munchen tak tersentuh statusnya sebagai juara Grup B. 

Tottenham Hotspur 

Sempat ditahan imbang oleh Olympiacos dan kalah 2-7 dari Bayern Munchen, nyatanya bukan kiamat bagi Tottenham Hotspur. 

Runner up Liga Champions musim lalu ini mampu bangkit dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup B. 

Manchester City 

The Citizens hanya mengumpulkan 11 poin karena dua kali bermain imbang di fase grup, saat melawan Atalanta dan Shakhtar Donetsk. 

Meski begitu, Manchester City sudah memastikan lolos sebagai juara Grup C karena poinnya tak akan terkejar di matchday 6. 

Juventus 

Bermain di Grup D yang dihuni tim-tim kuda hitam, Juventus berhasil membuktikan diri dan belum terkalahkan dalam 5 pertandingan. 

Juventus mengumpulkan 13 poin dan memastikan diri ke 16 besar dengan status juara Grup D. 

Liverpool 

Liverpool tak memberi kesempatan kepada RB Salzburg di laga terakhir dan menang 2-0 atas tuan rumah. Hasil tersebut mengunci status Liverpool sebagai juara Grup E. 

Napoli 

Napoli memang tak terkalahkan dalam 6 laga Grup E, tetapi bekas klub Diego Maradona tersebut hanya menjadi runner up grup dengan torehan 12 poin. 

Barcelona 

Barcelona memberikan kekalahan menyakitkan bagi Inter Milan di laga terakhir Grup F. Padahal, meski meraih kekalahan pun Barcelona tetap akan lolos ke 16 besar sebagai juara Grup F. 

Borussia Dortmund 

Borussia Dortmund tak menyia-nyiakan laga terakhir Grup F Liga Champions dan berhasil meraih kemenangan. Ditambah lagi, kekalahan Inter Milan dari Barcelona membuat Dortmund finis sebagai runner up Grup F. 

RB Leipzig 

RB Leipzig menjadi juara Grup G yang perolehan poinnya cukup ketat. 11 poin yang diraih Leipzig menjadikan tim ini sebagai juara Grup G dan lolos ke babak 16 besar. 

Lyon 

Lyon hanya bermain imbang 2-2 di laga terakhir Grup G. Namun tambahan satu poin itu sudah cukup membawa Lyon ke babak 16 besar. 

Valencia 

Valencia secara mengejutkan berhasil menang tipis 1-0 atas semifinalis Liga Champions musim lalu, Ajax Amsterdam. Kemenangan tipis itu tak hanya membawa Valencia lolos ke babak 16 besar, tetapi juga mengunci posisi juara Grup H. 

Chelsea 

Kemenangan atas Lille di laga terakhir berhasil membuat Chelsea lolos ke babak 16 besar, Chelsea sebelumnya terancam tidak lolos jika tak meraih kemenangan di laga terakhir.