Bola Internasional

Jose Mourinho Sebut 2 Pemain yang Jadi Bukti Kehebatanya sebagai Pelatih

Rabu, 11 Desember 2019 12:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Jose Mourinho, yang kini menangani klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, menepis anggapan selama ini dirinya enggan menggunakan jasa pemain muda dalam skuatnya. Andrew Matthews/PA Images via Getty Images. Copyright: © Andrew Matthews/PA Images via Getty Images
Jose Mourinho, yang kini menangani klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, menepis anggapan selama ini dirinya enggan menggunakan jasa pemain muda dalam skuatnya. Andrew Matthews/PA Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, menyebut dua nama pemain muda yang jadi bukti dirinya layak menyandang status juru taktik andal di benua Eropa.

Pemain itu ialah gelandang muda Manchester United, Scott McTominay, dan bek Real Madrid, Raphael Varane. Mourinho meyakini kehadiran dua pemain itu adalah salah satu kunci keberhasilan tim yang pernah diasuhnya.

"Ya ini sangat penting, Scott McTominay adalah satu-satunya pemain terhebat di Manchester United. Sementara Raphael Varane adalah salah satu pemain terbaik dunia, kritik yang adil," kata Mourinho, dilansir laman berita sepak bola internasional Mirror.

Mourinho sendiri selama ini diketahui jarang mempercayakan pemain muda lulusan akademi sepak bola. Ia lebih memilih menghabiskan banyak uang untuk pemain baru seperti Paul Pogba, Alexis Sanchez, dan Zlatan Ibrahimovic.

Akan tetapi, ketika masih menjabat pelatih Real Madrid, Mourinho merekrut Varane yang kala itu masih berusia 18 tahun. Kini genap berusia 26 tahun, bek asal Prancis itu mampu membuat Los Blancos menjuarai dua trofi LaLiga Spanyol dan empat Liga Champions.

Tidak jauh berbeda dengan McTominay, meski belum terbukti memberikan kontribusi berupa trofi, pemain muda ini jadi bagian terpenting bagi tim. Terbukti berkat sepak terjangnya, Manchester United mampu bangkit sepanjang Liga Inggris musim ini.

Salah satu bukti kehebatan McTominay bisa dilihat ketika Manchester United menang 2-1 atas rival sekota, Manchester City, belum lama ini. Pada laga yang berlangsung di City of Manchester Stadium itu, McTominay mampu memberi peran penting di lini tengah bersama Fred.

Tak heran gemilangnya dua bintang ini seolah menunjukkan kecerdikan Mourinho yang ternyata percaya terhadap pemain muda. Bukan tidak mungkin pelatih berusia 56 tahun tersebut nantinya juga akan berburu pemain muda bagi Tottenham Hotspur di Liga Inggris.