Liga Spanyol

Dianggap Layak Tukangi Barcelona, Valverde Dapat Penghargaan Pelatih Bergengsi

Kamis, 12 Desember 2019 12:44 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde dianugerahi penghargaan pelatih bergengsi karena dianggap sukses di LaLiga Spanyol. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde dianugerahi penghargaan pelatih bergengsi karena dianggap sukses di LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, dianggap layak untuk dapat penghargaan sosok pelatih panutan karena sukses di LaLiga Spanyol oleh Bilbao international Football Summit (BIFS).

BIFS dilaporkan akan memberikan penghargaan berupa Role Model Prize yang sebelumnya sempat ditujukan untuk Mauricio Pochettino. Alasan dipilihnya Valverde sempat dibeberkan oleh Mario Gurrionero selaku direktur BIFS.

"Kami menyadari kemampuan dirinya (Valverde) untuk beradaptasi, memberikan pengaruh, dan menjadi kompetitif dalam berbagai klub dan kompetisi berbeda sepanjang karir kepelatihannya," ujar Mario dilansir laman berita Marca.

Melihat kembali sepak terjang Valverde selama menjadi pelatih sendiri terbilang cukup baik. Tercatat dirinya sempat menjadi juru taktik beberapa klub besar di Eropa. Beberapa diantaranya ialah Athletic, Espanyol, Villarreal, Valencia, Olympiacos, dan saat ini Barcelona.

Barcelona pun menjadi salah satu pembuktian jika Valverde merupakan pelatih yang cukup bagus. Sejak ditunjuk sebagai pelatih utama 2017 lalu, dirinya mampu mempersembahkan beberapa trofi penghargaan seperti LaLiga Spanyol, Copa del Rey, dan Supercopa de Espana.

Berdasarkan statistik pun Valverde terlihat mengessankan. Bagaimana tidak, hingga kini menjabat sebagai pelatih, Barcelona telah mencatatkan rasio kemenangan 68,57 persen berdasarkan: 96 kali menang, 29 kali seri, dan 15 kali kalah dalam 140 pertandingan.

Walaupun sudah pasti akan mendapat penghargaan bergengsi, belum diketahui akan kemungkinan Valverde untuk hadir pada acara yang akan berlangsung di area VIP Athletic Club, Estadio de San Mames pada Februari 2020 mendatang.

Padahal acara BIFS seri keempat ini cukup dikenal karena mendatangkan berbagai pemain sepak bola ternama yang turut hadir. Beberapa pemain ternama itu diantaranya seperti Andoni Zubizarreta, Monchi, Luiz Felipe Scolari, Unai Emery, Aitor Karanka, dan Andre Villas-Boas.