In-depth

Napoli Rasa AC Milan, Ketika Ancelotti 'Dijegal' Murid Sendiri

Kamis, 12 Desember 2019 09:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Napoli resmi memberhentikan Carlo Ancelotti dan menggantikannya dengan eks pelatih Milan lainnya, Gennaro Gattuso. Copyright: © INDOSPORT
Napoli resmi memberhentikan Carlo Ancelotti dan menggantikannya dengan eks pelatih Milan lainnya, Gennaro Gattuso.

INDOSPORT.COM - Napoli resmi memberhentikan Carlo Ancelotti dan menggantikannya dengan eks pelatih Milan lainnya, Gennaro Gattuso

Klub papan atas Serie A, Napoli, akhirnya resmi memiliki pelatih baru. Napoli memutuskan untuk memecat Carlo Ancelotti untuk digantikan dengan eks pemain dan pelatih Milan, Gennaro Gattuso. 

Pemecatan Carlo Ancelotti tak lain dilatari oleh buruknya performa Il Partenopei di Serie A. Hingga pekan ke-15, Napoli terjerembab di posisi ke-7 klasemen sementara. 

Napoli baru mengumpulkan 21 poin terpaut 17 angka dari pimpinan klasemen, Inter Milan. Padahal, Gli Azzurri digadang-gadang jadi pengganggu dominasi Juventus, maupun Inter. 

Cerita pemecatan Carlo Ancelotti pun terbilang ironis. Sebab, hal itu terjadi setelah Napoli menang telak 4-0 atas RC Genk dan memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions

Napoli di bawah Ancelotti tampil tak terkalahkan di Grup E Liga Champions 2019-2020. Bahkan, Dries Mertens dkk sempat mengalahkan tim terbaik dunia saat ini, Liverpool. 

Ironi Ancelotti tak berhenti sampai di situ. Seperti diketahui, Presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis, memutuskan untuk menunjuk Gennaro Gattuso sebagai pengganti. 

Gennaro Gattuso tak lain adalah mantan anak asuh Ancelotti ketika di AC Milan dulu. Gattuso juga yang pernah berhadapan dengannya di beberapa laga krusial Serie A dan Coppa Italia musim lalu. 

Perginya Ancelotti dari Napoli sejatinya sudah tercium sejak bulan lalu. Napoli memberi kesempatan kepada Ancelotti untuk memperbaiki hasil di dua laga krusial yakni melawan AC Milan dan Bologna. 

Namun, Ancelotti gagal memenuhi target tersebut usai mendapat hasil imbang 1-1 kontra Milan dan kalah 1-2 dari Bologna. Bahkan, setelah itu, Napoli masih ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah, Udinese. 

Reputasi Carlo Ancelotti sebagai salah satu pelatih terbaik dunia pun runtuh. Dirinya kini jadi pesakitan yang tak memiliki klub. 

Pertaruhan Gattuso

Sama seperti Ancelotti, Gennaro Gattuso merupakan sosok yang tak bisa dilepaskan dari AC Milan. Semasa jadi pemain, gelandang berjuluk Si Badak ini sudah memenangkan banyak gelar bersama I Rossoneri selama satu dekade lebih. 

Karier kepelatihannya mendapat sorotan kala ditunjuk sebagai pelatih tim utama AC Milan pada musim musim 2017-2018. Gattuso kala itu promosi dari tim primavera untuk menggantikan Vincenzo Montella di tim senior.

Pencapaian Gennaro Gattuso di tim AC Milan terbilang cukup baik. Gattuso berhasil membawa AC Milan finis di enam besar dengan skuat yang tak begitu istimewa. Bahkan, jika lebih beruntung, pada musim 2018-2019 Milan seharusnya mampu finis di zona Liga Champions.

Akan tetapi, tekanan fans tetap tinggi pada Gattuso. Posisi enam besar dinilai bukan capaian yang pantas untuk Milan. Gattuso akhirnya mengundurkan diri di akhir musim 2018-2019 dan digantikan oleh Marco Giampaolo. 

Walau begitu, Gattuso meninggalkan kesan yang cukup dalam di Serie A. Ia dinilai sebagai salah satu pelatih muda menjanjikan di Italia saat ini. 

Maka tak heran jika Napoli akhirnya bertaruh untuk memperkerjakannya.  Mantan pelatih AC Milan itu dilaporkan menyetujui kontrak hingga Juni 2021.

Gattuso akan mendapatkan gaji sebesar 1,5 juta euro untuk enam bulan ke depan dan 3 juta euro per musim setelah itu.

Gennaro Gattuso bakal memulai petualangannya dengan Napoli dalam lanjutan pekan ke-16 Serie A Italia saat mereka menjamu Parma di Stadion San Paolo, Sabtu (14/12/19).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%