Bola Internasional

Jemawa Pasca Kandaskan Indonesia, Vietnam 'Ditantang' Legenda Thailand

Jumat, 13 Desember 2019 09:11 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger/INDOSPORT
Ekspresi kegembiraan para pemain Vietnam usai memastikan diri meraih medali emas di SEA Games 2019 Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Ekspresi kegembiraan para pemain Vietnam usai memastikan diri meraih medali emas di SEA Games 2019

INDOSPORT.COM - Pasca mengalahkan Indonesia U-23 di SEA Games 2019, Vietnam ditantang Thailand yang mengklaim sepak bolanya masih yang terkuat di Asia Tenggara.

Thailand panas ketika banyak media Vietnam yang memberitakan kesuksesan pasukan Park Hang-seo membawa pulang medali emas sepak bola SEA Games 2019.

Vietnam berhasil menjadi tim yang belum pernah kalah di SEA Games 2019 dan hanya sekali seri saat berhadapan dengan Thailand di fase grup. Di laga final, Vietnam bahkan berhasil mendulang kemenangan besar 3-0 atas Timnas Indonesia U-23.

Legenda sepak bola Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengatakan kalau saat ini Vietnam belumlah menjadi raja di Asia Tenggara.

"Keberhasilan Vietnam datang lebih awal dari yang saya perkirakan pada 2013, ketika saya masih memimpin tim Thailand. Pada waktu itu, saya mengatakan Vietnam tidak akan bisa mengalahkan Thailand dalam 10 tahun," kata Kiatisuk Senamuang dilansir dari vnexpress.

"Setelah lebih dari enam tahun, mereka telah memenangkan Piala AFF dan SEA Games. Para pemain mereka baru berusia sekitar 22, 23 tahun dan masih bisa meningkat," tambahnya.

Kiatisuk Senamuang juga menyindir soal raihan emas SEA Games 2019 yang diperoleh Vietnam.

Ia menganggap kalau Vietnam belum benar-benar menjadi juara SEA Games 2019 karena dipenyisihan bermain imbang dengan Thailand.

"Vietnam telah memenangkan banyak prestasi, tetapi tidak dapat dikatakan bahwa mereka telah melampaui Thailand. Dalam pertandingan Thailand di turnamen penting, Vietnam tidak menang."

"Jika Vietnam nomor satu di Asia Tenggara, mereka harus mengalahkan Thailand dengan mudah. ​​Tetapi dalam pertandingan di SEA Games ini, Thailand bermain lebih baik daripada Vietnam," ujarnya.

Namun sejak dilatih oleh Park Hang-seo, Vietnam sudah mengalahkan Thailand tiga kali di turnamen Piala M-150, Kualifikasi Piala Asia U23 dan Piala Raja.

Kiatisuk Senamuang pun tidak mengakui kemenangan tersebut karena Thailand hanya mengikuti turnamen tidak resmi.

Untuk kekalahan di Kualifikasi Piala Asia U-23, Kiatisuk Senamuang menganggap kalau Thailand tidak bermain dengan serius karena sudah dipastikan lolos.