Liga Italia

Andriy Shevchenko: Paolo Maldini Adalah Simbol Sejati AC Milan

Sabtu, 14 Desember 2019 20:49 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tak bisa dipungkiri, Paolo Maldini adalah salah satu legenda terbesar yang dimiliki oleh klub sepak bola Serie A Italia, AC Milan. Hal ini diakui secara langsung oleh mantan rekan setim Maldini, Andriy Shevchenko.

Andriy Shevchenko pernah bahu-membahu bersama Paolo Maldini di AC Milan selama periode 1999-2006 dan 2008-2009. Tak hanya memuji peran penting Maldini sebagai kapten tim, Shevchenko juga menyebut Maldini memiliki pengaruh besar bagi I Rossoneri.

“AC Milan memliki banyak pemain juara seperti Gianni Rivera, Franco Baresi, dan banyak lainnya. Namun Paolo Maldini adalah simbol di generasi saya,” ungkap Shevchenko, dikutip dari laman sepak bola internasional Football Italia.

Shevchenko menambahkan, kesetiaan Maldini bersama AC Milan membuatnya layak disebut sebagai simbol sejati I Rossoneri. Apalagi, bek kelahiran Milan itu telah memberikan banyak kesuksesan pada klub yang berdiri pada tahun 1899 tersebut.

“Jika saya harus memilih satu nama untuk mewakili AC Milan, maka dia adalah Paolo Maldini. Paolo adalah simbol tim selama bertahun-tahun,” imbuh Andriy Shevchenko.

Sepanjang kariernya, Paolo Maldini hanya mengabdikan diri pada satu klub saja, yaitu AC Milan. Maldini mulai menimba ilmu sepak bola di tim muda I Rossoneri pada tahun 1978 hingga 1984.

Pada tahun 1984, Maldini dipromosikan ke tim utama AC Milan. Ia berseragam I Rossoneri hingga tahun 2009 dan mencatatkan total 902 penampilan di semua kompetisi.

Bersama AC Milan, Paolo Maldini berhasil meraih segalanya, termasuk tujuh scudetto Serie A Italia dan lima trofi Liga Champions. Saat ini, Maldini menjabat sebagai direktur teknik I Rossoneri.