Liga Indonesia

Jumlah Penampilan Minim, Kiper Senior Arema FC Tak Mau Patah Semangat

Sabtu, 14 Desember 2019 12:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kurniawan Kartika Aji dan dua kiper Arema lainnya sedang berlatih di Stadion Kanjuruhan, Malang, menjelang laga Liga 1. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kurniawan Kartika Aji dan dua kiper Arema lainnya sedang berlatih di Stadion Kanjuruhan, Malang, menjelang laga Liga 1.

INDOSPORT.COM - Kiper Arema FC, Sandi Firmansyah, menegaskan tidak akan patah semangat untuk merebut posisi nomor satu di bawah mistar gawang, meski diketahui mencatat jumlah caps paling minim di Liga 1 musim ini.

Penjaga gawang senior itu tercatat hanya dua kali mentas sebagai starter, bahkan Sandi lebih sering duduk di tribun penonton dan beberapa kali berada di bench setelah namanya masuk dalam daftar susunan pemain Arema FC.

"Bagi saya, tidak masalah karena saya selalu siap mengerahkan 100 persen kekuatan, entah bermain atau tidak," kata Sandi Firmansyah kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT pasca-latihan rutin di Stadion Gajayana beberapa waktu lalu.

Dua laga sisa kompetisi menghadapi Bali United dan Barito Putera pun digunakannya secara maksimal untuk mengintip peluang bermain sebagai starter. 

Terlebih, performa dua adik angkatannya, Kurniawan Kartika Ajie dan Utam Rusdiana, tengah dalam sorotan tajam menyusul rekor kebobolan mencapai 15 gol dalam enam partai terakhir di Shopee Liga 1 2019.

"Soal tingkat persaingan memang normal terjadi. Saya sendiri fokus berlatih sebaik mungkin," sambung kiper berusia 36 tahun yang pernah membela Sriwijaya FC, Persik Kediri, Gresik United, hingga Persitara Jakarta Utara itu.

"Semuanya kembali lagi ke pilihan pelatih soal kiper. Saya cuma perlu berlatih serius karena bagi saya setiap pekerjaan harus dengan hati. Biar enak menjalaninya," tandas Sandi Firmansyah.

Catatan dua penampilan amat jauh dibandingkan 19 caps milik Kurniawan Kartika Ajie dan Utam Rusdiana (11). Apesnya lagi, kesempatan Sandi sebagai starter belum menghasilkan tiga angka untuk Arema FC, yaitu saat diimbangi Borneo FC (2-2) dan PSIS Semarang (1-1).