Liga Italia

Karya Anti-Rasismenya Diprotes di Liga Italia, Seniman Ini Buka Suara

Jumat, 20 Desember 2019 20:38 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© independent.co.uk
Gambar tiga kera yang membuat geger Serie A Liga Italia. Copyright: © independent.co.uk
Gambar tiga kera yang membuat geger Serie A Liga Italia.

INDOSPORT.COM - Belakangan ini Liga Italia digemparkan oleh kehadiran karya artistik antirasisme berlogo tiga kepala kera yang menuai kecaman dari berbagai klub Serie A dan para netizen. Sang seniman pun buka suara.

Melansir dari The 42, seniman yang bernama Simone Fugazzotto membeberkan alasannya menciptakan karya tersebut. Ia menyebut tiga kera dengan citra orang Asia, kulit putih, dan Afrika merujuk pada kasus pemain berkulit hitam yang menjadi sasaran rasisme fans di Italia.

"Saya memutuskan menggambar semua orang menjadi kera. Kera sebagai orang kulit putih, kera sebagai orang Asia, dan kera sebagai orang Afrika. Karena kita semua kera," ucapnya.

Atas kekacauan yang ia buat, Simone Fugazzotto mengikuti langkah pihak Serie A Liga Italia untuk meminta maaf. Ia menyebut seni antirasisme yang ia buat tidak bertujuan memojokkan atau membuat kekacauan.

"Sebagai seorang seniman, tak ada yang menyuruh saya melakukan apa pun. Tapi tentu saja saya bergabung dengan penyelenggara liga untuk meminta maaf kepada siapa pun mereka yang tersinggung (dengan karya saya)," lanjutnya.

Sepak bola Liga Italia sempat dibuat gempar dengar adanya potret tiga kera di lorong-lorong stadion. Potret tersebut merupakan usaha pihak Serie A untuk mengkampanyekan antirasisme di sepak bola Negeri Pizza.

Sejauh ini persoalan rasisme masih menjadi polemik utama di sepak bola Italia, sehingga pihak Serie A melakukan berbagai upaya untuk mengurangi tingkat tindakan rasial tersebut dan melindungi para pemain di dalamnya.