Bola Internasional

Main di Inggris, Wonderkid Jakarta Ini Satu Almamater dan Pernah Main Bareng Chamberlain

Senin, 23 Desember 2019 20:08 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lama di Inggris, salah satu wonderkid Indonesia kelahiran Jakarta ini ternyata satu almamater dan pernah main bareng bintang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain.

Adalah Jack Brown, pemain berusia 18 tahun yang memperkuat akademi Lincoln FC tersebut sebelumnya memang sempat mengharumkan nama Indonesia bersama skuat The Youth Imps di Liga Inggris.

Tepatnya saat Jack Brown berhasil tampil sebagai starter dan main penuh selama 90 menit, saat Lincoln FC U18 berhadapan dengan Manchester United U18 di babak ketiga Youth FA Cup 2019.

Walau di pertandingan tersebut Jack Brown gagal membawa timnya menang (Lincoln U18 kalah 2-0), namun penampilan adik kandung George Brown itu sempat mendapat pujian dari sang pelatih.

Selain mengharumkan nama Indonesia di Liga Inggris beberapa waktu lalu, terdapat beberapa fakta unik dan menarik lain tentang Jack Brown selama dirinya berkarier di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Tepatnya saat sang pemain ternyata pernah satu almamater atau satu akademi dengan bintang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain, bahkan keduanya pernah bermain bersama dalam sebuah pertandingan persahabatan.

Diketahui jika Jack Brown yang telah memulai karier di Inggris sejak 2013 tersebut, pernah empat tahun secara berturut-turut masuk dalam tim ISFA England kategori U13, U14, U15, dan U16.

ISFA sendiri merupakan Independent School Football Association, yakni klub atau akademi berisikan kumpulan anak-anak terbaik dalam hal sepak bola yang bersekolah Private School di seluruh Britania Raya.

"Jack berhasil masuk ISFA U13, U14, U15, dan U16. Jadi, sekitar 615.000 anak dari 2.000 sekolah Independent dipilih 18 orang untuk mewakili Inggris, dan Jack kepilih 4 tahun berturut," ucap Indah Brown selaku ibunda Jack Brown kepada INDOSPORT.

Indah juga menjelaskan, jika salah satu pemain lulusan ISFA yang kini tengah bersinar adalah Alex Chamberlain. Bahkan baik Jack dan Alex Chamberlain pernah tampil bareng dalam acara Charity yang dilakukan Arsenal beberapa tahun lalu.

"Pemain lulusan ISFA salah satunya Alex Chamberlain, sekarang jadi pemain Liverpool. Jack juga pernah main bareng Chamberlain saat acara Arsenal Soccer School di Dubai," tutupnya.

Berbekal pengalaman serta jam terbang yang cukup banyak di Inggris bahkan berhasil tampil melawan akademi sebesar Manchester United, semoga saja kiprah Jack Brown bisa terus berkembang dan mampu menjadi pemain Indonesia pertama yang bisa mentas di kasta teratas Liga Inggris.