Bola Internasional

Mengenang 5 Cedera Metatarsal yang Menjadi Sorotan Pencinta Sepak Bola

Rabu, 25 Desember 2019 11:23 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sports Illustrated
Neymar mengalami cedera di pertandingan PSG vs Marseille. Copyright: © Sports Illustrated
Neymar mengalami cedera di pertandingan PSG vs Marseille.

INDOSPORT.COM - Pemain termahal di dunia saat ini, Neymar, sempat menjadi sorotan para pencinta sepak bola internasional. Hal tersebut tak lepas dari cedera metatarsal yang ia alami saat membela Paris Saint-Germain di Ligue 1 Prancis pada tahun 2018 silam.

Penyerang lincah asal Brasil tersebut sempat absen hingga dua bulan lamanya. Dirinya pun terpaksa absen saat PSG menjalani beberapa laga penting kala itu di Liga Champions. Termasuk babak perdelapanfinal Liga Champions 2017/18 kala itu melawan Real Madrid.

Selain Neymar, ternyata terdapat beberapa pemain yang sempat menjadi sorotan karena cedera metatarsal yang dialaminya. Sama seperti Neymar, cedera tersebut terjadi berdekatan dengan beberapa laga atau kejuaraan penting. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Wayne Rooney (2006)

Salah satu cedera metatarsal yang cukup menyita perhatian dunia adalah saat Rooney mengalaminya di tahun 2006. Hal tersebut terjadi saat kaki kanannya berbenturan dengan Paulo Ferreira, saat Manchester United melawan Chelsea.

Cedera yang ia alami menjadi perhatian publik Tanah Inggris, karena di tahun tersebut Inggris akan mengikuti ajang Piala Dunia 2006 di Jerman. Rooney diprediksi tidak akan bisa ikut terbang ke Jerman. Namun, dirinya tetap bisa ikut skuat The Three Lions dan sempat absen di laga pertama melawan Paraguay.

2. Gabriel Jesus (2017)

Saat itu Gabriel Jesus baru saja datang dari Palmeiras ke Manchester City pada Januari 2017. Performanya pun menjadi buah bibir lantaran dapat mencetak tiga gol dan satu assists dari empat laga awal yang ia lakoni di Liga Primer Inggris.

Sayang, setelahnya ia menderita cedera metatarsal yang mengharuskannya absen selama tujuh laga. Namun pasca sembuh dari cedera, dirinya kembali tajam di lini depan The Citizens dan hingga kini, masih menjadi andalan Pep Guardiola.

3. Lionel Messi (2006)

Lionel Messi kala itu digadang-gadang akan menjadi bintang di tahun 2006, bersama dengan Samuel Eto’o dan Ronaldinho. Publik Camp Nou pun mengharapkan lulusan La Mesia itu berkembang cepat bersama dengan sang idola. Ronaldinho.

Namun yang terjadi justru di luar prediksi. Messi yang kala itu berusia 19 tahun, mengalami cedera metatarsal saat ditekel secara brutal oleh Alberto Zapater, kala Barcelona melawan Real Zaragoza. Akhirnya, Messi pun harus menepi selama tiga bulan lamanya.

Tapi hal tersebut dibayar tuntas hingga kini. Pasca sembuh dari cedera, Messi menjelma bak seorang dewa untuk publik Camp Nou. Dirinya pun kini masih aktif bermain dan dikenal sebagai megabintang Barcelona yang telah memecahkan berbagai rekor dan gelar.

4. David Beckham (2002)

Sama halnya dengan Rooney, namun kini David Beckham mengalaminya di tahun 2002. Kala itu, dirinya mendapatkan tekel keras dari Aldo Duscher, saat Manchester United bertemu dengan Derportivo La Coruna dalam ajang Liga Champions di bulan April 2002.

Cederanya tersebut menjadi momok menakutkan untuk publik Tanah Inggris. Tak mengherankan, karena Inggris sendiri akan bermain di kancah Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

Namun, Beckham benar-benar melakukan perawatan dengan baik dan dapat sembuh tepat waktu, serta mampu membawa Inggris melaju hingga perempatfinal Piala Dunia 2002 sebelum disingkirkan oleh Brasil dengan skor 1-2.