Liga Indonesia

Resmi Degradasi, 3 Pilar Semen Padang Ini Bisa Dibajak Klub Liga 1

Rabu, 25 Desember 2019 15:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada 3 pilar Semen Padang yang bisa saja dibajak oleh klub-klub Liga 1 usai mereka resmi degradasi di musim depan.

Semen Padang dipastikan turun kasta ke Liga 2 usai finis di posisi ke-17 dengan hanya mengoleksi 32 poin saja dari 34 pertandingan pada musim 2019.

Bahkan sepanjang pekan, prestasi Semen Padang hanya mampu bertengger di urutan ke-13 pada pekan ke-22. Sisanya tak lepas dari posisi 14, 15, 16, 17, dan 18.

Kabau Sirah merupakan salah satu klub promosi pada musim 2019. Mereka sukses menjadi runner up pada ajang Liga 2 2018 usai kandas 0-2 dari PSS Sleman di final.

Usai musim 2019 berakhir, tampaknya Semen Padang memberikan libur kepada para pemain, staf pelatih, hingga manajemen. Terlebih mereka telah menjalani musim yang sangat padat.

Meski begitu diperkirakan ada sederet pemain Semen Padang yang tampaknya bakal menjadi incaran para peserta Liga 1 mendatang. Mengingat kualitas mereka masih cukup baik.

Apalagi tiap pemain kemungkinan masih ingin bermain di pagelaran Liga 1. Sehingga bisa saja para pemain Semen Padang memilih untuk pindah.

Maka dari itu diprediksi ada 3 pilar Semen Padang yang bisa saja dibajak oleh para klub Liga 1 dalam menyambut musim 2020 mendatang. Siapa saja kira-kira?

1. Teja Paku Alam

© instagram.com/tejapakualaam
Teja Paku Alam kiper utama Semen Padang di Liga 1 2019. (Foto: instagram.com/tejapakualaam) Copyright: instagram.com/tejapakualaamTeja Paku Alam kiper utama Semen Padang di Liga 1 2019. (Foto: instagram.com/tejapakualaam)

Kiper andalan Semen Padang Teja Paku Alam tampaknya bisa saja dibajak oleh para kontestan Liga 1. Terlebih Teja memiliki kemampuan yang cukup baik.

Selain itu label penjaga gawang Timnas Indonesia menjadikan Teja diburu oleh klub lain. Usia yang baru menginjak 25 tahun menjadikan Teja bisa sebagai investasi untuk masa depan.

Berdasarkan data yang disajikan oleh laman resmi Liga Indonesia, Teja Paku Alam menjadi kiper dengan top saves terbanyak, yakni mencapai 96 kali.

2. Vanderlei Francisco

© semenpadangfc.co.id
Striker asing asal Brasil milik Semen Padang Vanderlei Francisco. Copyright: semenpadangfc.co.idStriker asing asal Brasil milik Semen Padang Vanderlei Francisco.

Berikutnya ada striker kelahiran Brasil milik Semen Padang Vanderlei Francisco yang mungkin saja dapat dibajak oleh peserta Liga 1.

Karena kehadiran Vanderlei (32 tahun) mampu membawa dampak positif meski baru dikontrak Kabau Sirah pada paruh kedua Liga 1 2019.

Total Vanderlei menorehkan delapan gol dari 16 pertandingan. Dirinya juga dikenal sebagai striker yang cukup tajam ketika di area kotak penalti.

3. Dedi Gusmawan

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Semen Padang, Dedi Gusmawan. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek Semen Padang, Dedi Gusmawan.

Terakhir ada bek tengah sekaligus kapten Semen Padang Dedi Gusmawan tampaknya bisa digaet oleh para kontestan di Liga 1 musim depan.

Pemain 33 tahun itu mampu membuat satu gol dari 29 pertandingan di Liga 1 2019. Selain itu pengalamannya dalam menghalau serangan lawan cukup baik.

Dedi juga telah lama bermain bersama klub-klub besar seperti PSDS Deli Serdang (2005-08), PSPS Riau (2008-13), Mitra Kukar (2013-15 dan 2016-19), dan klub Myanmar Zeyar She Myay (2015-16).