Bola Internasional

Anti Mainstream, 3 Laga Ini Terjadi di Tengah Cuaca yang Sangat Buruk

Jumat, 27 Desember 2019 17:19 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© TWITTER/blikar_is
Ilustrasi salju yang datang dan mengganggu para pemain cadangan hingga kedinginan. Copyright: © TWITTER/blikar_is
Ilustrasi salju yang datang dan mengganggu para pemain cadangan hingga kedinginan.

INDOSPORT.COM - Tidak ada yang dapat memprediksi dengan pasti akan cuaca di dunia ini. Meskipun manusia dapat memperkirakan akan cuaca di suatu hari, namun hal tersebut belum terbukti dengan pasti akan keakuratannya.

Banyak cuaca-cuaca ekstrem timbul secara tiba-tiba, dan tanpa diketahui manusia. Alhasil, kita hanya dapat merasakannya saja tanpa dapat berbuat banyak. Bersyukur bila masih bisa melanjutkan aktivitas seperti biasanya, namun bila tidak ya hanya bisa menunggu.

Begitu pula dalam dunia olahraga sepak bola. Pertandingan yang sudah dijadwalkan, dapat ditunda secara mendadak bila tidak memungkinkan. Namun, terdapat beberapa pertandingan yang tetap dilanjutkan ketika cuaca tengah buruk-buruknya. Biasanya, hal tersebut terjadi ketika pertandingan tengah berlangsung.

Pertandingan apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Bosnia and Herzegovina vs Republik Irlandia

Salah satu laga skala internasional yang terjadi di tengah-tengah cuaca buruk adalah saat kualifikasi play-off Euro 2016, saat Bosnia and Herzegovina menjamu Republik Irlandia. Kala itu, pertandingan berlangsung dengan cuaca yang ekstrem, penuh dengan kabut yang menyelimuti stadion Bilino Polje, Zenica.

Kamera televisi pun tidak mengetahui apa yang terjadi di atas lapangan. Kondisi yang dingin berkabut itu membuat keduanya bermain tanpa arah, dan tidak bisa mengeksplorasikan kemampuan mereka.

Di laga yang terjadi di tahun 2015 itu, keduanya bermain imbang dengan skor 1-1 yang mana Robbie Brady dan Edin Dzeko turut menyumbang satu gol. Laga tersebut merupakan laga leg pertama, sementara leg kedua dimainkan di Aviva Stadium, Dublin, dengan kemenangan Irlandia 2-0.

2. Black Leopards vs Orlando Pirates

Bayangkan bila Anda bermain sepak bola di saat angin tengah buruk-buruknya. Anda tidak hanya bermain di depan ribuan penonton saja, tapi juga belasan papan reklame iklan yang melayang di dalam lapangan!

Ya, setidaknya itulah yang terjadi dalam sebuah pertandingan di Afrika Selatan. Kala itu, Black Leopards menjamu Orlando Pirates di tahun 2007. Tidak ada yang aneh ketika pertandingan baru dimulai. Namun itu semua berubah ketika angin kencang masuk ke dalam stadion.

Papan reklame beterbangan ke mana-mana di dalam lapangan. Para pemain bingung, ketakutan, dan tiarap di atas lapangan agar tidak tertabrak atau terbentur dengan papan reklame iklan.

3. Amerika Serikat vs Kosta Rica

Dapat dikatakan bahwa laga antara Amerika Serikat melawan Kosta Rika ini menjadi laga yang unik. Pasalnya, pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 itu didatangi ‘tamu’ tak terduga, yakni salju.

Bukan sekadar salju biasa saja. Kala itu, pertandingan dilangsungkan di wilayah Colorado, yang secara kebetulan tengah mengalami cuaca buruk salju lebat. Alhasil, jalannya pertandingan pun terganggu, meskipun menjadi hal yang baru untuk pemain Kosta Rika karena dapat merasakan salju untuk kali pertama.