Liga Italia

Sudah Pensiun, Antonio Di Natale Tetap Pemain Tersubur Serie A Italia

Jumat, 27 Desember 2019 20:15 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan penyerang Udinese dan timnas Italia, Antonio Di Natale, secara mengejutkan muncul sebagai pemain tersubur kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia dalam kurun waktu sedekade terakhir.

Menjelang pergantian tahun, Opta merilis daftar pencetak gol terbanyak Serie A Liga Italia era 2010-an. Posisi puncak penyerang tersubur kompetisi teratas Negeri Pizza selama 10 tahun terakhir nyatanya ditempati oleh Antonio Di Natale.

Di Natale yang telah pensiun pada 2016 bersama Udinese, tercatat melesakkan 125 gol sejak 2010. Jumlah gol mantan pemain kelahiran Napoli tersebut lebih banyak dari penyerang lain yang masih maupun pernah bermain di Serie A.

Torehan 125 gol Antonio Di Natale sejak 2010 lebih banyak dari Gonzalo Higuain yang hingga kini mengoleksi 121 gol. Saat ini, Higuain membela Juventus.

Di posisi ketiga daftar top scorer Serie A dalam satu dekade terakhir ada nama Mauro Icardi yang musim ini menjalani periode pinjaman di Paris Saint-Germain. Dia tercatat mencetak 121 gol sejak 2010 lalu.

Setelah Icardi, bomber andalan Lazio, Ciro Immobile, juga mencatatkan namanya dalam daftar penyerang tersubur Serie A Liga Italia dengan torehan 116 gol.

Sementara di peringkat lima penyerang tersubur Serie A era 2010-an ditempati capocannoniere musim lalu, Fabio Quagliarella, yang hingga kini telah mencetak 109 gol.

Tepat satu strip di bawah Quagliarella ada nama Dries Mertens yang selama berkarier di Italia sejak 2013 telah mencetak 88 gol bersama Napoli.

Kemudian, mantan bomber Napoli asal Uruguay, yakni Edinson Cavani, berada posisi ketujuh penyerang tersubur Serie A era 2010-an dengan koleksi 87 gol. Dia belakangan membela Paris Saint-Germain, tapi dirumorkan segera hengkang ke Atletico Madrid.

Eks penyerang Genoa dan Inter Milan yang sekarang membela Bologna, Rodrigo Palacio, juga berada di jajaran penyerang tajam Serie A dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Berkarier di Italia sejak 2009, dia telah menorehkan 85 gol bersama tiga klub berbeda.

Daftar 10 penyerang tersubur Serie A Italia selama era 2010-an dilengkapi oleh bintang Atalanta, Josip Ilicic, yang telah membukukan 79 gol dan attacante milik Juventus, Paulo Dybala, yang sejauh ini sudah mencetak total 78 gol.