Bola Internasional

Trial, 2 Talenta Muda Indonesia Mengadu Nasib ke Liga Uni Emirat Arab

Jumat, 27 Desember 2019 18:55 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dua pemain muda asal Indonesia, Muhammad Reza Kusuma dan Helmy Putra Damanik, tengah menjalani trial di Uni Emirat Arab. Keduanya mengikuti latihan dengan dua klub sekaligus, Al Jazira dan Regional Sport.

“Kami mengikuti latihan bersama Al-Jazira dan Regional Sport. Kami sangat menikmati latihan meski mepet. Mudah-mudahan, dalam satu atau dua pekan ke depan, kami bisa bermain di sini (UEA),” ucap Reza dikutip dari video Vamos Indonesia, Kamis (26/12/19).

Setelah hari pertama trial, keduanya langsung diikutsertakan dalam sebuah uji tanding. Reza dimainkan penuh di babak pertama dan tengah menunggu laga selanjutnya. Ia secara khusus menceritakan kerasnya permainan di UEA.

“Permainannya berbeda dengan Liga Spanyol. Di sana, kami lebih menerapkan tiki-taka, sementara di sini permainannya jauh lebih keras dan mengandalkan fisik. Sepak bola di negara Arab lebih banyak menggunakan umpan panjang,” tutur Reza.

“Setelah tiga hari latihan, kesannya pemain di sini terkadang ceroboh. Jika mereka mengajak bermain keras dengan bola, itu tidak masalah. Tetapi, saat bola sudah berpindah, kontak fisik mereka malah baru masuk,” lanjutnya.

Trial Muhammad Reza Kusuma dan Helmy Putra Damanik sendiri masih menyisakan beberapa hari. Sejauh ini, Helmy mengungkap bahwa sesi latihan mereka berjalan dengan lancar. Ia berharap bisa mendapatkan rezeki untuk terpilih bermain di sana.

Jika terpilih memperkuat Al-Jazira, keduanya bisa segera bermain di kasta tertinggi Liga Uni Emirat Arab 2019-2020. Pasalnya, Al-Jazira saat ini tengah berada di posisi ketiga di liga domestik, bahkan berpeluang lolos ke Liga Champions Asia musim depan.

Sebelumnya, kedua pemain ini berkiprah di Spanyol. Musim lalu, mereka memperkuat Club International de la Amistad. Bersama tim asal Palencia tersebut, mereka mendapatkan pengalaman bermain melawan tim kuat seperti Real Madrid dan Atletico Madrid junior.

Pada awal musim, Reza dan Helmy sama-sama direkrut oleh Cristo Atletico. Dari keduanya, hanya Reza yang bertahan di klub asal Palencia tersebut. Hanya saja, Reza masih kerap dimainkan di Cristo Atletico B (tim U-23).

Muhammad Reza Kusuma sendiri tampil cukup impresif dan membawa tim U-23 Cristo bercokol di puncak klasemen liga regional Palencia. Sedangkan, Helmy Putra Damanik sempat bermain untuk CD Villamuriel di divisi lima Liga Spanyol.