Liga Indonesia

3 Klub Liga 1 Bisa Gaet Maman Abdurrahman Usai Dilepas Persija Jakarta

Minggu, 29 Desember 2019 16:36 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© persija.id
Ada 3 klub Liga 1 yang bisa saja menggaet bek veteran Maman Abdurrahman usai dilepas Persija Jakarta jelang musim 2020. Copyright: © persija.id
Ada 3 klub Liga 1 yang bisa saja menggaet bek veteran Maman Abdurrahman usai dilepas Persija Jakarta jelang musim 2020.

INDOSPORT.COM - Tampaknya ada 3 klub Liga 1 yang bisa saja menggaet bek veteran Maman Abdurrahman usai dilepas Persija Jakarta jelang musim 2020.

Selain Maman, ada tiga pemain lainnya yang dilepas Persija, yakni Dany Saputra (bek kiri), Rahmad Hidayat (gelandang), dan Fitra Ridwan (gelandang serang).

Kepastian Persija melepas Maman Abdurrahman disampaikan langsung oleh presiden klub yang berjuluk Macan Kemayoran ini, Ferry Paulus.

Ferry pun turut memberikan apresiasi kepada mereka dan berharap bisa menemukan klub baru mengingat bursa transfer saat ini masih panas.

“Terlebih Maman dan Fitra adalah bagian dari skuat yang membawa Persija meraih juara musim 2018 yang lalu," papar Ferry dinukil laman resmi klub, Minggu (29/12/19).

© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Maman Abdurahman dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan PSM Makassar, di Bantul, Yogyakarta. Kamis (05/07/18). Copyright: Wira Wahyu Utama/Indosport.comMaman Abdurahman dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan PSM Makassar, di Bantul, Yogyakarta. Kamis (05/07/18).

Praktis Maman Abdurrahman dan ketiga pemain tadi tak memiliki klub saat ini. Kemungkinan mereka sudah masuk dalam radar rival-rival Persija di Liga 1.

Meski demikian, menarik bagaimana menerka masa depan Maman Abdurrahman yang tahun depan bakal menginjak usia 38 tahun jika tak pensiun.

Pengalamannya yang cukup mumpuni bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia tak menutup kemungkinan Maman berlabuh ke klub Liga 1 lain. Tim mana saja kira-kira?

1. Persita Tangerang

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persita Tangerang. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persita Tangerang.

Maman Abdurrahman bisa saja digaet oleh salah satu klub promosi, yakni Persita Tangerang mengingat keduanya memiliki kisah tersendiri.

 Maman sempat membela Persita pada musim 2014-15. Bek kelahiran Jakarta itu mampu membuat 35 penampilan dan mengemas tiga gol.

Usai naik kasta, tak ada salahnya Persita untuk melirik Maman yang cukup pengalaman. Selain menjadi bek tengah, Maman juga bisa ditempatkan sebagai bek sayap kiri.

2. Tira Persikabo

© m88fc/aliexpress
Logo TIRA-Persikabo. Copyright: m88fc/aliexpressLogo Tira Persikabo.

Berikutnya ada Tira Persikabo yang dapat menggaet Maman Abdurahman secara gratis pasca dilepas Persija jelang bergulirnya Liga 1 2020.

Pasalnya, Tira Persikabo baru saja ditinggal bek asal Tajikistan Khurshed Beknazarov yang enggan memperpanjang kontrak usai didatangkan pada awal 2019.

Saat ini, bek tengah Tira Persikabo menyisakan Andy Setyo Nugroho, Vava Mario Yagalo, dan Zoubairou Garba saja. Sehingga, tak ada salahnya menggaet Maman Abdurrahman.

3. Persebaya Surabaya

© INDOSPORT
Ilustrasi logo Persebaya Surabaya. Copyright: INDOSPORTIlustrasi logo Persebaya Surabaya.

Terakhir, Maman Abdurrahman kemungkinan dapat didatangkan oleh salah satu klub Jawa Timur, yakni Persebaya Surabaya untuk bertarung di Liga 1 2020.

Pasalnya Persebaya bakal melakoni dua kompetisi berbeda, yaitu Liga 1 dan ASEAN Club Championship. Selain itu Maman bisa dijadikan opsi tersendiri bagi pelatih Persebaya nanti.

Sebab, dua bek tengah Bajol Ijo, yaitu Hansamu Yama Pranata dan Otavio Dutra bakal sibuk akan membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%