Bola Internasional

4 Pemain yang Nilai Transfernya Menanjak Drastis Sampai Tahun 2019

Minggu, 29 Desember 2019 15:01 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Lanjar Wiratri
© twitter @
Penyerang Atletico Madrid, Joao Felix, menjadi salah satu pemain dengan harga paling menanjak di tahun 2019. Copyright: © twitter @
Penyerang Atletico Madrid, Joao Felix, menjadi salah satu pemain dengan harga paling menanjak di tahun 2019.

INDOSPORT.COM – Sepanjang tahun 2019 diwarnai dengan sejumlah transfer mahal yang menghebohkan jagad sepak bola dunia. Salah satu transfer pemain termahal yang terjadi di tahun 2019 melibatkan bintang muda Portugal, Joao Felix.

Pada bursa transfer musim panas 2019, Atletico Madrid memboyong Joao Felix dari Benfica dengan mahar mencapai 126 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Kubu Los Rojiblancos harus merogoh kocek dalam-dalam karena harga penyerang 20 tahun itu memang membumbung tinggi sepanjang 2019.

Joao Felix bukan satu-satunya pemain yang nilai pasarnya meningkat drastis sepanjang tahun 2019. Berikut INDOSPORT merangkum empat pemain yang nilai transfernya menanjak sampai akhir tahun 2019.

1. Joao Felix

© Charlie Crowhurst/International Champions Cup/Getty Images
Joao Felix selebrasi pasca menceak gol ke gawang Juventus Copyright: Charlie Crowhurst/International Champions Cup/Getty ImagesPenyerang muda Atletico Madrid yang didatangkan dari Benfica pada bursa transfer musim panas 2019, Joao Felix.

Nama Joao Felix menjadi pemain dengan harga paling menanjak di tahun 2019. Berdasarkan situs Transfermarkt, harga pemain kelahiran Viseu itu di awal tahun 2019, tepatnya pada bulan Januari, hanya berkisar di angka 15 juta euro (Rp233 miliar).

Namun seiring penampilan apiknya bersama Benfica, harga Joao Felix pun naik secara drastis. Bahkan, pada bulan Juni 2019 atau satu bulan jelang dibukanya bursa transfer musim panas, harganya sudah menyentuh angka 70 juta euro (Rp1 triliun).

Harga Joao Felix kemudian terus menanjak, hingga akhirnya diboyong Atletico Madrid dengan mahar sebesar 126 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

2. Sadio Mane

© Robbie Jay Barratt/GettyImages
Sadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool Copyright: Robbie Jay Barratt/GettyImagesSadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool

Bintang Liverpool, Sadio Mane, juga termasuk pemain dengan harga menanjak drastis pada tahun 2019. Di akhir tahun 2018, harga Mane ‘hanya’ menyentuh angka 75 juta euro (Rp1,1 triliun).

Performa gemilang Mane, termasuk membawa Liverpool menjuarai Liga Champions 2018-2019, membuatnya harganya terus melonjak. Per tanggal 10 Desember 2019, harga sayap asal Senegal itu berada di angka 150 juta euro (2,3 triliun).

3. Harry Maguire

© Robin Jones/Getty Images
Harry Maguire di laga Manchester United vs Chelsea di Carabao Cup. Copyright: Robin Jones/Getty ImagesHarry Maguire di laga Manchester United vs Chelsea di Carabao Cup.

Palang pintu Manchester United dan Timnas Inggris, Harry Maguire, juga masuk dalam daftar pemain dengan harga menanjak drastis di tahun 2019. Tanda-tanda melonjaknya harga Maguire sudah terlihat ketika ia tampil bagus bersama Leicester City.

Pada akhir tahun 2018, harga Maguire berada di kisaran 45 juta euro (Rp701 miliar). Namun, harga bek tengah  26 tahun itu terus membumbung tinggi pada tahun 2019, sampai akhirnya diboyong Manchester United dengan banderol 87 juta euro (Rp1,3 triliun) pada bursa transfer musim panas lalu.

4. Bernardo Silva

© INDOSPORT
Bernardo Silva, gelandang serang Man City. Copyright: INDOSPORTBernardo Silva, gelandang serang Manchester City.

Meski namanya jarang menjadi headline, tetapi siapa sangka bahwa Bernardo Silva juga merupakan pemain dengan harga yang menanjak drastis pada tahun 2019.

Ketika memboyong Bernardo Silva dari AS Monaco pada musim panas 2017 lalu, Manchester City ‘hanya’ perlu mengeluarkan dana sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp779 miliar.

Namun kini, banderol harga Bernardo Silva naik dua kali lipat. Ya, harga gelandang berusia 25 tahun itu saat ini berada di kisaran 100 juta euro (Rp1,5 triliun).