Liga Indonesia

Sumut Akan Buat Stadion Terbesar di Indonesia Tanpa Lintasan Atletik

Senin, 30 Desember 2019 10:29 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Rafif Rahedian
© lenteraswaralampung.com
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan membangun sport center di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang dengan luas lahan mencapai 300 hektare. Copyright: © lenteraswaralampung.com
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan membangun sport center di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang dengan luas lahan mencapai 300 hektare.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan membangunan kompleks olahraga atau sport center di Desa Sena, Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Pembangunan ini tak lain untuk menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Dijadwalkan pembangunan awal sport center ini akan dimulai pada awal 2020.

"Tentu kita harus terus support semangat pak gubernur dan pak Wagub, karena ini cita-cita lama untuk sport center," kata Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Minggu (29/12/19).

"Maka saya harap stadion utama didahulukan (dibangun) baru venue-venue seperti stadion atletik, akuatik dan lainnya. Kalau cabang martial art, banyak gedung kita bisa dipakai," lanjutnya.

Lebih lanjut, John menyebut, jika stadion utama ini rampung dibangun akan menjadi yang terbesar pertama di Indonesia tanpa adanya lintasan atletik.

"Stadion utama ini akan menjadi stadion pertama di Indonesia tanpa lintasan atletik dengan kapasitas sebesar itu hingga 75 ribu," ungkap John.

John Lubis menambahkan, hal ini tak lain karena mengusung konsep stadion-stadion bertaraf internasional yang ada di benua Eropa. Karena dengan adanya lintasan atletik tentu jarak pandang penonton jauh ke lapangan.

"Makanya sekarang ini harus rapat (jarak penonton ke lapangan). Karena di Eropa sudah wajib dan FIFA sudah melarang ada (lintasan atletik) itu untuk Piala Dunia.”

“Makanya jika kita (Indonesia) jadi tuan rumah Piala Dunia 2032, Sumatera Utara akan minta satu wilayah main di sini," pungkasnya.

Sejauh ini belum diketahui kapanstadion PON 2024 Sumut itu akan rampung. Sebagai pecinta sepak bola nasional, tentunya berharap agar stadion tersebut bisa membanggakan Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
13%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
13%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%