Liga Indonesia

Eks Pelatih Arema FC Ingin Kembali Melatih

Rabu, 1 Januari 2020 09:44 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Aian Setiawan/Indosport.com
Eks Pelatih Arema FC, Joko Susilo mempertimbangkan untuk berkarier membesut klub lagi. Copyright: © Aian Setiawan/Indosport.com
Eks Pelatih Arema FC, Joko Susilo mempertimbangkan untuk berkarier membesut klub lagi.

INDOSPORT.COM - Eks Pelatih Arema FC, Joko Susilo mempertimbangkan untuk berkarier membesut klub lagi pasca menyelesaikan tugasnya di Timnas Indonesia, jelang memasuki musim kompetisi baru di tahun 2020 ini.

Pelatih dengan sapaan akrab Gethuk itu pernah mengutarakan niatnya dalam sebuah acara sepak bola di Malang, Agustus 2019 lalu. Pada saat itulah fokusnya tengah tercurahkan untuk membantu kinerja Simon McMenemy di Timnas Senior.

"Kontrak di tim nasional sampai Desember (2019). Setelah itu, ya belum tahu bagaimana," ujar Joko Susilo kepada INDOSPORT.

Pada kesempatan berikutnya, Pak Thuk pun kembali mengutarakan keinginannya. Arsitek tim Singo Edan di tahun 2018 itu bahkan sudah mengaku berkomunikasi dengan sejumlah klub di kompetisi tanah air.

Kendati tidak menyebut ciri-ciri klub, namun karirnya diprediksi tak akan jauh dari Liga 1 sebagai level kompetisi profesional maupun Liga 2. Pasalnya dia sudah memegang lisensi AFC Pro, level tertinggi lisensi kepelatihan di AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia).

"Yang penting, memilih klub itu yang satu visi dan misi. Pelatih membawa filosofi, dan harus cocok dengan filosofi klubnya sendiri," beber dia.

Ketenangan Pak Thuk pun juga tidak tergoyahkan saat disodorkan nama sejumlah klub yang dikabarkan tengah serius mendatangkannya. Beberapa di antaranya adalah Persik Kediri yang baru promosi ke Liga 1, maupun Mitra Kukar yang berkompetisi di Liga 2 musim 2020.