Liga Indonesia

Sumbang 5 Pemain ke Timnas, Pelatih Akademi PSM Senang Bukan Kepalang

Rabu, 1 Januari 2020 21:09 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku senang bukan kepalang setelah menyumbang lima pemain ke Timnas Indonesia di sepanjang tahun 2019 kemarin.

PSM menyumbang lima pemain mudanya ke sejumlah kelompok usia yang berbeda-beda. Mulai dari Timnas Indonesia U-16, Timnas Pelajar Indonsia U-16, dan terbaru Garuda Select II yang merumput di Inggris dan Italia.

"Alhamdulillah tahun lalu ada lima pemain akademi dipanggil Timnas. Satu orang Timnas Pelajar, satu lagi Timnas U-16, dan tiga orang di Garuda Select," ungkap Irfan Rahman kepada redaksi berita INDOSPORT via sambungan telepon, Rabu (01/01/20).

Untuk Timnas Indonesia U-16, PSM menyumbang kiper muda berbakatnya, Muhammad Assyura Al-Faqih yang berhasil menjuarai Piala AFF U-15 2019. Kiper nomor satu PSM U-16 itu juga masuk ke dalam skuat untuk mengikuti Piala AFC U-16 2020 di Bahrain.

PSM juga menyumbang satu pemain ke Timnas Pelajar U-16 yaitu Fadel Muhammad. Pemain berposisi penyerang ini pun sukses membawa Timnas Pelajar mempertahankan gelar Boys Gothia Cup 2019 yang digelar di China.

Terakhir, PSM bersama Persib Bandung menjadi klub terbanyak yang menyumbang pemain ke Garuda Select II yakni sebanyak tiga pemain. Adapun mereka yang berasal dari PSM ialah Rafly Asrul, Edgard Amping, dan Renaldi.

"Kami dan Persib menjadi yang terbanyak menyumbangkan pemain ke Garuda Select. Itulah tujuan utama kami (mengorbitkan pemain) dan kami bersyukur untuk itu," kata pria yang menjadi pelatih kepala PSM U-16 ini.

Adapun tiga penggawa PSM yang memperkuat Garuda Select II tak henti-hentinya menjadi buah bibir. Terutama Rafly Asrul yang merupakan peraih sepatu emas Elite Pro Academy (EPA) U-16 2019.

Pemain berposisi gelandang serang ini bahkan dijuluki Jorginho, pemain legendaris klub sepakbola Chelsea oleh pelatih Garuda Select II, Dennis Wise. Julukan itu muncul setelah Rafly bermain sangat apik dengan catatan lima gol.