Bola Internasional

3 Fakta Taufik Suparno, Striker Berdarah Indonesia yang Bisa Hancurkan Bali United

Sabtu, 4 Januari 2020 08:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Striker berdarah Indonesia, Taufik Suparno bisa saja menghancurkan Bali United di babak play-off Liga Champions Asia 2020.

Seperti yang diketahui, Bali United akan menghadapi wakil Singapura, Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar pada Selasa (14/01/20) mendatang.

Tampines Rovers sendiri memiliki penyerang muda berbakat, yakni Taufik Suparno, yang bisa saja membuat Bali United tersingkir di Liga Champions Asia 2020.

Itu tidak terlepas dari penampilannya yang cukup berbahaya di kasta teratas sepak bola Singapura. Menurut Transfermarkt, ia mampu mengoleksi 3 gol dan 4 assists dari 23 laga.

Meski golnya tak mencapai 5, namun jika dilihat lebih dalam, penampilan Taufik Suparno ini cukup gemilang. Karena ia memiliki kecepatan dan olah bola yang sangat memukau.

Hal itu disampaikan langsung oleh asisten pelatih Timnas Singapura yang merupakan legenda sepakbola negara tersebut, yakni Alexander Duric.

"Meskipun ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, dia (Taufik) punya kecepatan yang luar biasa, terlebih dirinya juga termasuk matang untuk pemain seusianya," jelas Duric, dikutip dari Straitstimes.

Terlepas dari itu, INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta Taufik Suparno yang mungkin belum diketahui banyak pecinta sepak bola. Simak ulasannya.

1. Koleksi 1 Trofi

Taufik Suparno pernah menyabet gelar prestisius di persepakbolaan Singapura pada musim 2019 lalu. Itu terjadi ketika Tampines Rovers sukses menumbangkan Warriors di final Singapura Cup.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Tampines Rovers berhasil menang dengan skor tipis 4-3. Sayangnya, Taufik Suparno tak memberikan kontribusi nyata di laga ini.

Sekedar informasi, Taufik Suparno baru diberi kesempatan untuk memainkan peran di partai final Singapura Cup 2019 pada menit 73. Saat itu ia menggatakan Yasir Hanapi.

2. Tak Pernah Merantau

Taufik Suparno sejauh ini belum mencoba untuk menikmati persepakbolaan di luar Singapura. Artinya, penyerang berusia 24 tahun tersebut tak pernah merantau ke negara lain.

Dalam karier sepak bola profesionalnya, Taufik Suparno hanya membela klub-klub Singapura. Terhitung ada dua klub yang pernah ia bela, yakni Tampines Rovers dan Young Lions.

Menurut laporan Soccerway, Taufik Suparno berhasil mengumpulkan 4 gol dari 26 pertandingan dalam dua musim Liga Singapura (2015 dan 2017).

3. Dipanggil Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Masih dari sumber yang sama, Taufik Suparno diketahui pernah dipanggil untuk menjadi bagian Timnas Singapura di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu.

Akan tetapi, dirinya tidak mendapatkan kesempatan untuk merumput di ajang tersebut. Taufik Suparno hanya menghangatkan bangku cadangan sebanyak dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Itu terjadi ketika Singapura berhadapan dengan Syria dan Jepang. Sayangnya, Singapura harus menelan kekalahan dalam dua laga tersebut.