Liga Indonesia

3 Pemain Kesayangan Edson Tavares di Liga Jepang yang Bisa Diangkut Borneo FC Musim Depan

Sabtu, 4 Januari 2020 22:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Masashi Hara/Getty Images
Sejumlah pemain kesayangan Edson Tavares di Liga Jepang sepertinya bisa menjadi opsi rekrutan Borneo FC pada bursa transfer jelang Liga 1 2020. Copyright: © Masashi Hara/Getty Images
Sejumlah pemain kesayangan Edson Tavares di Liga Jepang sepertinya bisa menjadi opsi rekrutan Borneo FC pada bursa transfer jelang Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain kesayangan Edson Tavares di Liga Jepang sepertinya bisa menjadi opsi rekrutan Borneo FC pada bursa transfer jelang Liga 1 2020.

Edson Tavares akhirnya memiliki klub baru lagi usai didepak Persija Jakarta. Tepat pada Sabtu (04/01/19) malam, Edson resmi diumumkan menjabat sebagai pelatih Borneo FC untuk gelaran Liga 1 2020 mendatang.

Pengumuman dilakukan pihak Borneo FC melalui akun Instagram resmi klub. Borneo FC membuat sebuah unggahan video khusus unuk memperkenalkan sosok Edson.

"Banyak yang Sudah Menunggu Ya? Perkenalkan Head Coach Borneo FC Untuk Musim Kompetisi 2020, Edson Tavares!," tulis Borneo FC lewat akun instagram.

Kedatangan Edson menutupi kekosongan kursi pelatih yang sebelumnya dipegang Mario Gomez. Tangan dingin Edson tentunya diharapkan bisa membawa Borneo FC lebih berprestasi lagi musim depan, minimal melebihi capaian Mario Gomez yang finis peringkat tujuh di Liga 1 2019.

Lebih lanjut, Edson pastinya akan mengevaluasi skuat Borneo FC secara keseluruhan. Bahkan, Edson bisa mengambil kebijakan untuk memboyong pemain baru yang bisa meningkatkan kualitas permainan Borneo FC.

Jika membutuhkan opsi, Edson sepertinya dapat melirik lagi eks anak asuh terbaiknya semasa berkarier di Liga Jepang dulu. Sekedar tambahan informasi, Edson pada 2017 hingga 2019 memang melatih klub Liga Jepang, Yokohama FC.

Siapa saja kira-kira pemain kesayangan Edson yang mungkin diangkut Borneo FC musim depan? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Kensuke Sato

Kensuke Sato merupakan tumpuan Edson Tavares saat dulu masih menangani Yokohama FC. Bagaimana tidak, dari 62 laga yang dilalui Edson bersama Yokohama, total Sato bermain sebanyak 54 kali.

Sato sendiri merupakan pemain yang bertipe sebagai gelandang bertahan. Saat berada di bawah arahan Edson, kiprah Sato mampu menghasilkan lima gol dan lima assists.

Sato pun bisa menjadi salah satu opsi rekrutan Borneo FC musim depan. Selain karena kedekatan dengan Edson, kontrak Sato bersama Yokohama akan habis pada 31 Januari 2020 dan bisa direkrut secara gratis.

Calvin Jong-A-Pin

Semasa masih melatih Yokohama FC dulu, Edson Tavares punya seorang bek tengah tangguh bernama Calvin Jong-A-Pin. Edson sangat mengandalkan Calvin untuk mengawal lini belakang timnya.

Buktinya, dari total 62 laga yang dilalui Edson bersama Yokohama, total Calvin bermain sebanyak 51 kali. Artinya, Calvin hanya sembilan kali absen saat berada di bawah arahan Edson.

Nama Calvin pun sepertinya bisa masuk ke dalam opsi rekrutan Borneo FC. Calvin kontraknya di Yokohama akan segera habis pada akhir bulan Januari 2020 ini, dan bisa didatangkan secara cuma-cuma.

Apalagi, Calvin punya pengalaman internasional yang cukup apik. Ia pernah meraih gelar juara Euro U-21 pada tahun 2007 silam bersama Timnas Belanda U-21.

Ibba Laajab

Edson Tavares mungkin harus mencari penyerang asing baru untuk Borneo FC jelang Liga 1 2020. Bila mau jaminan kualitas, mungkin Edson bisa melirik lagi penyerang andalannya semasa masih melatih Yokohama FC dulu.

Kala masih membesut Yokohama FC, Edson punya satu orang penyerang yang begitu tajam penampilannya, yakni Ibba Laajab. Berdasarkan data Transfermarkt, Laajab di bawah arahan Edson mampu mencetak 24 gol dari 56 penampilan.

Peluang bagi Edson mengajak Laajab gabung Borneo FC kini terbuka bila melihat status kontraknya. Masa bakti Laajab bersama Yokohama akan berakhir pada 31 Januari 2020 dan tentunya bisa didatangkan Borneo FC tanpa biaya.