Bola Internasional

Ricuh Lawan Indonesia, Malaysia Kena Denda FIFA

Rabu, 8 Januari 2020 12:23 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© nst.com
FAM mendapat denda dari FIFA menyusul insiden kericuhan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Malaysia vs Indonesia pada 19 November 2019 lalu. Copyright: © nst.com
FAM mendapat denda dari FIFA menyusul insiden kericuhan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Malaysia vs Indonesia pada 19 November 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) diberikan denda dari FIFA terkait masalah kericuhan suporter tim ketika melawan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022, 19 November 2019 lalu.

Dalam pertandingan itu, Malaysia sejatinya berhasil mengalahkan Timnas Indonesia. Bermain di Stadion Bukit Jalil, tim Harimau Malaya mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0.

Akan tetapi, sebuah insiden tak terpuji terlihat dari tribun stadion mengotori kemenangan Malaysia. Beberapa oknum suporter Malaysia melempar flare ke arah kerumunan pendukung Timnas Indonesia.

Bahkan selain itu, kericuhan juga sempat merembet ke luar stadion. Nah akibat ulah suporternya tersebut, seperti dilansir New Straits Times, FAM akhirnya didenda sebesar RM 211 ribu atau setara Rp715 juta.

Hukuman yang diberikan FIFA ke FAM sendiri karena mereka terbukti melanggar pasal 16 dan 26 sebanyak tiga kali. Sebab sebelumnya, Malaysia sudah diperingatkan ketika mereka mengalami kekalahan 1-2 dari Uni Emirat Arab.

Selain itu, ketika Malaysia mengalami kekalahan 0-1 dari Vietnam pada 10 Oktober 2019 lalu, pelatih Harimau Malaya, Tan Cheng Hoe, tidak menghadiri konferensi pers wajib usai pertandingan dengan alasan migrain.

Dengan peringatan-peringatan yang diberikan FIFA serta terjadinya kericuhan suporter ketika Malaysia menjamu Indonesia di Stadion Bukit Jalil, FAM pun akhirnya dijatuhi denda.