Bola Internasional

Media Asing Sorot Kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia sebagai Invasi Asia Timur ke ASEAN

Kamis, 9 Januari 2020 20:21 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia selama empat tahun kedepan, Shin Tae-yong, selalu menjadi sorotan serius dari media asing.

Dilansir dari Live Sport Asia, kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia bahkan disebut sebagau invasi Asia Timur ke ASEAN.

Sebelum Shin Tae-yong ditetapkan PSSI menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia, Live Sport Asia mencatat ada empat juru taktik dari Asia Timur yang berkarir di ASEAN.

Empat pelatih itu yakni Park Hang-seo asal Korea Selatan yang menjadi juru taktik timnas Vietnam. Kedua ada eks bintang sepak bola Jepang, Keisuke Honda, sebagau pelatih Kamboja.

Ketiga ada pelatih asal Jepang yakni Tatsuma Yoshida sebagai juru taktik timnas Singapura. Dan terakhir pelatih asal Jepang, Akira Nishino sebagai arsitek timnas Thailand.

Namun dari empat pria tersebut, pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, lah yang paling sukses berkarir di ASEAN. Park Hang-seo berhasil membuat perubahan besar sepak bola Vietnam hingga berhasil menjadi runner up Piala Asia U-23 2018 lalu.

Prestasi terakhir yang ditorehkan adalah membawa Vitenam meraih medali emas sepak bola SEA Games 2019 setelah menang 3-0 atas Timnas Indonesid di final.

Kedatangan Shin Tae-yong ke Tanah Air diyakini mampu membawa perubahan sepak bola di Timnas Indonesia. Hal itu karena Shin Tae-yong memiliki pengalaman menjadi pelatih kepala Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu.