Liga Indonesia

3 Kerugian Persebaya Surabaya Jika Ngotot Datangkan Saddil Ramdani di Liga 1 2020

Sabtu, 11 Januari 2020 09:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Persebaya Surabaya harus siap mengalami berbagai kerugian jika ngotot mendatangkan Saddil Ramdani di bursa transfer pemain jelang Liga 1 2020 bergulir. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Persebaya Surabaya harus siap mengalami berbagai kerugian jika ngotot mendatangkan Saddil Ramdani di bursa transfer pemain jelang Liga 1 2020 bergulir.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya harus siap mengalami berbagai kerugian jika ngotot mendatangkan Saddil Ramdani di bursa transfer pemain jelang Liga 1 2020 bergulir.

Karier sepak bola Saddil Ramdani saat ini memang masih tanda tanya. Selepas meninggalkan Pahang FA, Saddil belum memiliki klub lagi untuk dibela.

Banyak klub Liga 1 2020 yang kabarnya berminat memakai jasa Saddil. Teranyar, Saddil dikaitkan dengan runner-up Liga 1 musim lalu, Persebaya Surabaya.

Rumor transfer ini muncul setelah winger Persebaya, Osvaldo Haay mengunggah foto InstaStory bersama Saddil. Diyakini unggahan tersebut menjadi tanda bahwa Saddil segera gabung Bajul Ijo.

Bila Saddil memang memutuskan gabung Persebaya Surabaya, kualitasnya tak perlu lagi diragukan. Pernah bermain di luar negeri dan juga berlabel pemain Timnas Indonesia.

Tapi jangan salah, Persebaya Surabaya bisa mengalami 3 kerugian jika mereka memiliki Saddil Ramdani di skuat mereka untuk Liga 1 2020. Berikut selengkapnya.

  • Persebaya Banyak Winger

Kerugian pertama adalah melihat stok pemain di posisi winger atau yang sama dengan Saddil, di Persebaya sudah sangat banyak. Hal ini tentu akan menjadi mubazir, dan bakal ada yang terpinggirkan dengan kedatangan pemain berusia 21 tahun itu.

Saddil biasa ditempatkan di posisi winger kanan, di mana jika kita melihat skuat Bajul Ijo di posisi tersebut ada Irfan Jaya, Oktafianus Fernando termasuk Mochamad Supriadi.

Musim lalu, Irfan Jaya yang dipercaya untuk mengawal serangan dari sisi kanan. Jika Saddil Ramdani datang, Irfan Jaya akan kehilangan waktu bermain dan bakal terjadi suasana yang tidak diharapkan di skuat Persebaya.

Tidak hanya winger kanan, Saddil juga bisa dipasang di sebelah kiri. Dan jika memang opsi ini yang diambil, Osvaldo Haay harus siap-siap kehilangan tempat di starting line-up.

  • Masa Depan Mochamad Supriadi

Selanjutnya adalah tentu saja masa depan wonderkid Timnas Indonesia yang merupakan alumni Garuda Select, Mochamad Supriadi. Kedatangan Saddil jelas akan mengancam Supriadi.

Di mana keduanya sama-sama bermain di posisi winger kanan. Supriadi mulai mendapat kepercayaan tampil di skuat senior Bajul Ijo sebanyak 2 kali, sekali sebagai pemain pengganti dan sekali sebagai starter.

Tentu prospek Supriadi yang diyakini punya masa depan cerah tak boleh dikubur begitu saja. Dia harus mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak di Liga 1 2020 mendatang.

  • Label Timnas Indonesia

Kerugian terakhir yang siap menimpa Persebaya dengan kedatangan Saddil adalah mereka harus legowo jika eks Persela Lamongan itu sering absen dan tak dapat membela tim di Liga 1 2020.

Seperti kita ketahui, Saddil adalah salah satu pemain Indonesia yang paling sibuk di Timnas. Dirinya masuk ke dalam beberapa level timnas, dari junior hingga senior tahun lalu.

Dengan adanya Saddil, Persebaya pun bakal makin merana dengan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Di mana hal ini memang sudah dirasakan oleh mereka saat beberapa pemain andalannya dipanggil.

Kita sebut saja para pemain andalan seperti Hansamu Yama, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi, Osvaldo Haay sampai Mochamad Supriadi.

Persebaya pun sempat kehilangan bentuk terbaik permainan karena pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia, tentu ini tak boleh terulang di Liga 1 2020 mendatang.