In-depth

Evaluasi Pemain Asing Liga 1 2019: Barito Putera Telat Panas

Sabtu, 11 Januari 2020 15:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© psbaritoputeraofficial
Evaluasi pemain asing Liga 1 2019: Barito Putera telat panas dan sempat melepas tiga pemain asingnya di putaran pertama. Copyright: © psbaritoputeraofficial
Evaluasi pemain asing Liga 1 2019: Barito Putera telat panas dan sempat melepas tiga pemain asingnya di putaran pertama.

INDOSPORT.COM – Berikut ini merupakan evaluasi pemain asing di klub Liga 1 2019. Barito Putera merupakan salah satu tim dengan banyak perombakan pemain asing dan terlambat panas hingga harus menyudahi musim ini di peringkat ke-13.

Sebagaimana diketahui, Barito Putera mendepak seluruh pemain asingnya jelang Liga 1 2019, dan mendaratkan pemain asing anyar dengan harapan bisa meningkatkan prestasi musim ini.

Saat itu, pelatih Jacksen F. Tiago memboyong serta dua bek tengah asal Brasil, Lucas Silva dan Artur Vieira, membuat seluruh tim sempat gentar melihat pertahanan Laskar Antasari.

Di lini depan, masih ada penggawa anyar asal Brasil, Rafael Silva yang menjadi andalan tim. Menyusul, slot pemain asing Asia dihuni oleh kiper asal korea Selatan, Yoo Jae-hoon yang saat itu masih menjalani proses naturalisasi.

Hanya saja, dengan formasi yang demikian, Barito Putera gagal memenuhi ekspektasi, hingga harus melakukan perombakan besar-besaran di pertengahan musim.

Duet bek asing Lucas Silva-Artur Vieira sama sekali tidak membantu pertahanan tim, seakan keduanya memiliki kualitas yang tidak lebih dari bek lokal Liga 1. Laskar Antasari harus finish di zona merah pada klasemen sementara paruh pertama Liga 1 2019.

Kiper asing Yoo Jae-hoon bahkan kalah jam terbang dari kiper lokal milik Barito, Aditya Harlan dan Muhammad Riyandi. Ia hanya turun dalam enam laga dan tak sekalipun menciptakan cleansheet.

Hanya Rafael Silva yang bertahan hingga akhir musim, dengan status sebagai top skorer klub dan mengoleksi 14 gol dari 28 laga. Rafael hanya pernah absen saat cedera dan akumulasi kartu kuning di Liga 1 2019.

Sebelumnya, tim sudah memutuskan kerja sama dengan tiga pemain asing, dan mendatangkan sejumlah pengganti, mulai dari bek Cassio de Jesus, gelandang Kosuke Uchida, serta striker Francisco Torres.

Setidaknya, tiga pemain ini mampu membawa perubahan dalam tim, sebab Francisco Torres cukup produktif usai mencetak delapan gol dari 15 laga, dan Kosuke juga menjelma menjadi motor serangan di lini tengah.

Semenjak kedatangan Cassio, Barito Putera mulai memiliki kekuatan di lini pertahanan, bahkan mencatatkan cleansheet di lima laga berturut-turut. Modal ini membuatnya memastikan satu tempat di tim Barito Putera jelang Liga 1 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%