Liga Inggris

Bukan David De Gea, Ini 3 Kiper Terbaik di Liga Inggris

Selasa, 14 Januari 2020 16:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Livesey/Getty Images
David De Gea dan deretan kiper mentereng lainnya kalah baik daripada Martin Dubravka yang dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
David De Gea dan deretan kiper mentereng lainnya kalah baik daripada Martin Dubravka yang dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Siapakah penjaga gawang terbaik di Liga Inggris? Pertanyaan tersebut kemungkinan besar akan dijawab oleh para fans Liga Inggris dengan nama-nama penjaga gawang mentereng seperti David De Gea, Kepa Arrizabalaga, Ederson, dan Alisson.

Pertanyaan tersebut juga kemungkinan akan dijawab dengan menyebutkan nama penjaga gawang yang memiliki catatan kebobolan paling sedikit. Tetapi, apakah benar demikian?

Jika menilik catatan kebobolan, Liverpool yang sepanjang musim ini perkasa dan sama sekali belum terkalahkan memiliki catatan kebobolan paling sedikit dibandingkan kontestan lain. 14 gol yang bersarang di gawang Alisson nyatanya tidak membuat kiper asal Brasil tersebut menjadi yang nomor satu di Liga Inggris.

Pun begitu dengan penampilan atraktif De Gea bersama Manchester United. Penjaga gawang akrobatik ini nyatanya juga bukan kiper terbaik di Liga Inggris.

Lalu siapa penjaga gawang terbaik di Liga Inggris sepanjang musim ini? menurut laman resmi Liga Inggris, gelar tersebut untuk sementara jatuh di tangan Martin Dubravka.

Palang pintu terakhir milik Newcastle United ini berhasil membuktikan jika nama mentereng bukan jaminan bagi seorang penjaga gawang menjadi yang terbaik di Liga Inggris. Didatangkan dengan banderol transfer murah di era Rafael Benitez, Dubravka menjelma menjadi sosok kunci di lini pertahanan Newcastle.

Catatan 90 penyelamatan yang dia lakukan sepanjang musim ini menjadikannya sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Inggris. Andaikata dia bermain untuk klub sebesar Liverpool atau Manchester City, semua orang pasti akan setuju dengan statistik yang tercatat oleh Liga Inggris tersebut.

Walaupun tercatat meiliki jumlah penyelamatan terbanyak di Liga Inggris, tetapi jumlah gol yang bersarang di gawang Newcastle juga terhitung lumayan banyak. Dari 22 pertandingan yang telah dimainkan, Newcastle telah kebobolan sebanyak 34 gol.

Selain nama tersebut, Liga Inggris juga mencatat nama Bernd Leno dari Arsenal dan juga Mat Ryan dari Brighton Hove Albion.

Kedua nama tersebut masing-masing mencatatkan 83 dan 80 penyelamatan untuk klubnya. Terpaut lumayan jauh dengan kiper timnas Slovakia tersebut.

Leno sendiri berhasil tampil gemilang bersama Arsenal musim ini. Meskipun pada awal musim dirinya kerap melakukan beberapa kesalahan yang membuat Arsenal kehilangan poin, tetapi sejak Mikel Arteta menjadi pelatih The Gunners penampilannya berangsur membaik.

Nama terakhir adalah penjaga gawang yang baru saja menggalang dana untuk bencana kebakaran di Australia. Ryan yang didatangkan dari Valencia tahun 2017 lalu adalah salah satu kunci bertahannya Brighton di Liga Inggris hingga saat ini.

Aksi-aksinya di lapangan kerap membuat barisan depan lawan frustasi. Kualitasnya membuat Brighton hanya kebobolan 24 gol sepanjang musim ini. Berkat dirinya juga, beberapa kali Brighton selamat dari kekalahan atau kebobolan gol dalam jumlah yang sangat besar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%