Liga Inggris

3 Pemain yang Lebih Layak dari Maguire Jadi Kapten Mancheser United

Sabtu, 18 Januari 2020 16:23 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Martin Rickett/PA Images via Getty Images
Ada 3 pemain yang lebih layak dari Harry Maguire untuk menjadi kapten baru klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Martin Rickett/PA Images via Getty Images
Ada 3 pemain yang lebih layak dari Harry Maguire untuk menjadi kapten baru klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Tampaknya ada 3 pemain yang lebih layak dari Harry Maguire untuk menjadi kapten baru klub Liga Inggris Manchester United.

Maguire resmi ditunjuk langsung oleh kepala pelatih asal Norwegia Ole Gunnar Soslkjaer, sebagai kapten Manchester United yang baru di musim 2019-20.

Pasalnya, sang kapten sebelumnya, yakni Ashley Young resmi pindah ke klub Serie A Liga Italia, Inter Milan, baru-baru ini. Sehingga, posisi ban kapten tak boleh kosong.

"Menurutku, dia (Maguire) memiliki segala atribut untuk menjadi seorang pemimpin," papar Solskjaer dikutip laman resmi klub, Jumat (17/01/20).

Meski baru menyandang ban kapten utama secara resmi di Manchester United, tetapi Maguire sempat dipercaya untuk menjadi pemimpin dari rekan-rekannya.

Hal itu terjadi ketika Manchester United melawat ke markas Partizan (1-0) di Liga Europa, 24 Oktober 2019. Ini menjadi momen pertamanya memimpin Setan Merah.

Lalu, Maguire juga menjadi kapten ketika Manchester United menjamu Wolves (1-0), 15 Januari 2020 di FA Cup. Berikutnya saat menang 1-2 dari tuan rumah Chelsea di Carabao Cup, 30 Oktober 2019.

Sementara di ajang Liga Inggris, Maguire sudah tujuh kali menjabat ban kapten Manchester United sejak 10 November 2020 hingga terakhir 11 Januari 2020.

Pengertian kapten sendiri dalam sebuah klub sepak bola ialah seorang pemain yang dipilih untuk memimpin rekan-rekannya di lapangan.

© Robin Jones/Getty Images
Harry Maguire di laga Manchester United vs Chelsea di Carabao Cup. Copyright: Robin Jones/Getty ImagesHarry Maguire di laga Manchester United vs Chelsea di Carabao Cup.

Biasanya seorang pemain yang lebih tua dan lebih berpengalaman atau pemain yang memberi pengaruh besar sering dipilih menjadi kapten tim.

Tugas seorang kapten berdasarkan Peraturan Pertandingan Sepak Bola Internasional FIFA adalah berpartisipasi dalam pelemparan koin oleh wasit sebelum laga dimulai.

Kapten juga menjadi orang pertama yang mewakili rekan-rekannya dalam berargumen dengan wasit ataupun menerima masukan dari pelatih sendiri untuk disampaikan ke teman-temannya.

Selain itu, kemungkinan ada sisi lain yang membuat seorang pelatih menunjuk sang pemain pilihannya untuk menjadi kapten di klub yang dipimpin sang juru taktik.

Meski begitu, penunjukan kapten Iblis Merah ini sempat menjadi polemik di dunia maya. Pasalnya, Maguire baru direkrut Manchester United pada awal 2019-20 lalu alias baru lima bulanan sudah menjadi kapten.

Maka dari itu, kali ini tak ada salahnya untuk memberikan usul dimana ada pemain lain yang dirasa cocok untuk mengemban kapten Manchester United selepas Ashley Young.

1. Nemanja Matic

© Getty Images
Manchester United Nemanja Matic. Copyright: Getty ImagesPemain Manchester United Nemanja Matic.

Merujuk pengertian di atas, tampaknya gelandang Manchester United Nemanja Matic bisa menjadi kandidat yang pas untuk menjadi kapten dibanding Harry Maguire.

Matic pertama kali merasakan ban kapten Manchester United ketika menjamu FC Astana di ajang Liga Europa, 19 September 2019 dan menang 1-0.

Atas kesempatan tersebut Matic mengaku sangat senang sekali karena dipercaya oleh sang pelatih untuk menjadi pemimpin dari teman-temannya.

"Posisi sebagai kapten merupakan tanggung jawab yang besar dan saya benar-benar bangga akan itu," kata Matic dikutip laman resmi klub pasca laga.

Selain itu, Matic merupakan salah satu pemain paling tua dari segi umur. Dia kini sudah berusia 31 tahun.

2. Marcus Rashford

© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Selebrasi Striker Manchester United, Marcus Rashford saat merayakan bersama satu tim usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada pertandingan Liga Primer di Old Trafford, Manchester, Sabtu (14/09/19). Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty ImagesSelebrasi Striker Manchester United, Marcus Rashford saat merayakan bersama satu tim usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada pertandingan Liga Primer di Old Trafford, Manchester, Sabtu (14/09/19).

Kemudian, ada striker muda jebolan produk akademi Manchester United Marcus Rashford yang dirasa bisa menjadi kapten selanjutnya dibanding Harry Maguire.

Rashford pernah dipercaya menjadi kapten ketika melawan Manchester City pada ajang Carabao Cup 7 Januari 2020 yang berakhir 1-3, di mana ia mencetak satu gol di laga tersebut.

Bukan tanpa sebab Rashford dirasa pantas mengemban jabatan kapten di Manchester United. Dia sempat dipuji langsung oleh sang pelatih Solksjaer.

Hal itu terjadi ketika Rashford mampu tampil cukup apik dalam beberapa laga terakhir tepatnya pada Desember 2019 lalu, termasuk lawan Colchester.

"Melihat caranya (Rashford) bermain hari ini, ia adalah seorang pemimpin." kata Solskjaer dikutip Manchester Evening News, 20 Desember 2019.

Rashford dirasa lebih layak ketimbang Maguire mengingat ia tak hanya jebolan akademi klub itu, tetapi juga berasal dari Kota Manchester.

3. David de Gea

© getty images
Ekspresi De Gea saat gawangnya di jebol oleh pemain Newcastle Copyright: getty imagesEkspresi De Gea saat gawangnya di jebol oleh pemain Newcastle.

Terakhir, ada kiper kawakan Manchester United David de Gea yang dirasa bisa menjadi kapten baru usai Ashley Young hengkang ke Inter Milan.

David de Gea pada 2019-20 sempat menjadi kapten di beberapa laga Liga Inggris, tepatnya ketika melawan Chelsea, Wolves, dan Crystal Palace. Lalu di Liga Champions kala bersua AZ Alkmaar.

Lalu, di musim sebelumnya, De Gea juga pernah menjadi kapten ketika Manchester United melawan Huddersfield Town, Fulham, West Ham United, dan Everton.

Pada pertengahan Juli 2019, De Gea sempat menyampaikan keinginannya menjadi kapten Manchester United. Dia merasa sudah siap mengemban jabatan tersebut.

"Tentunya, akan sangat luar biasa menjadi kapten di klub seperti Manchester United dan mempertahankan jabatan itu," kata De Gea dikutip Sky Sports.

Alasan lain kelayakan De Gea ialah karena dia pemain paling lama memperkuat Manchester United saat ini, yaitu sejak 2011.

1