Bola Internasional

Hasil Perempatfinal Piala Asia U-23 2020: Thailand Kalah, Wakil ASEAN Habis

Minggu, 19 Januari 2020 07:27 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan perempatfinal Piala Asia U-23 2020 pada Sabtu (18/1/20), di mana kekalahan yang diraih Thailand membuat ASEAN kehabisan wakil di ajang ini.

Pada partai perempatfinal yang baru berlangsung kemarin, terdapat dua pertandingan sengit yang baru saja dimainkan dan berhasil membuat kejutan di akhir laga.

Salah satunya pertandingan antara juara Grup B, Arab Saudi berhadapan dengan satu-satunya wakil ASEAN yang berhasil lolos ke perempatfinal, Thailand U23.

Bertanding di stadion Thammasat, Timnas Thailand sebagai tuan rumah sejatinya mampu tampil dominan di sepanjang pertandingan bahkan babak pertama berakhir dengan skor sama kuat 0-0.

Namun, VAR mengubah jalan cerita Thailand di ajang ini. Skuat arahan Akira Nishino tersebut harus menangis karena wasit menghadiahi tendangan penalti kepada Arab Saudi pada menit ke-76.

Penalti tersebut sempat menjadi kontroversial, karena banyak yang berpendapat jika pemain Thailand melakukan pelanggaran di luar kotak.

Namun, wasit tidak bergeming dan tetap memberikan hadiah penalti buat Arab Saudi. Abdullah Al-Hamdan yang menjadi eksekutor, sukses menjebol gawang Thailand yang dijaga Korra Phat Nareechan pada menit ke-78. 

Skor 1-0 menjadi hasil akhir pertandingan perempatfinal Piala Asia U23 antara Arab Saudi vs Thailand. Kekalahan yang diderita The War Elephants, membuat ASEAN dipastikan tidak memiliki wakil di ajang Olimpiade 2020 mendatang.

Sebelumnya, tim wakil ASEAN yang tampil di Piala Asia U23 2020 yakni Vietnam telah lebih dulu gugur di fase grup setelah kalah 1-2 dari Korea Utara.

Berikut hasil lengkap pertandingan perempatfinal Piala Asia U23 2020, pada Minggu (19/1/20):

  • Arab Saudi 1-0 Thailand
  • Australia 1-0 (a.e.t.) Syria