Liga Indonesia

Paling Telat Gabung Latihan Pra Musim PSM, Klok Kesulitan Adaptasi?

Minggu, 19 Januari 2020 19:32 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indra Sena/Indosport.com
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Marc Klok, rupanya mampu beradaptasi dengan cepat dalam program latihan pra musim pelatih Bojan Hodak. Copyright: © Indra Sena/Indosport.com
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Marc Klok, rupanya mampu beradaptasi dengan cepat dalam program latihan pra musim pelatih Bojan Hodak.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Marc Klok, rupanya mampu beradaptasi dengan cepat dalam program latihan pra musim pelatih Bojan Hodak. Padahal, pesepakbola asal Belanda itu menjadi pemain yang paling telat bergabung.

Pesepakbola yang saat ini sedang menjalani proses naturalisasi ini baru bergabung dalam latihan pra musim PSM pada Senin (13/01/20). Sedangkan rekan-rekannya yang lain sudah mulai melahap program dari Hodak sejak lima hari sebelumnya, tepatnya Rabu (08/01/20).

Bahkan, pada dua hari pertama mengikuti latihan pra musim, Klok lebih sering berlatih terpisah dari pemain PSM lainnya. Pemilik nomor punggung 10 itu pun hanya melakukan jogging mengitari lapangan Stadion Andi Mattalatta, Makassar, dan gerakan-gerakan ringan saja.

Namun, setelah enam hari mengikuti latihan pra musim Hodak, Klok sudah mampu beradaptasi dengan baik. Perkembangan eks klub Skotlandia, Dundee United FC, itu disampaikan langsung oleh sang pelatih kepada redaksi berita INDOSPORT.

"Jika saya ditanya tiga hari lalu, kondisinya masih 10 persen tapi kalau sekarang sudah mencapai 50 persen. Karena datang dari Eropa, dia merasakan ketegangan pada otot kaki saat latihan perdananya," ungkap Hodak, Sabtu (18/01/20).

"Hal itu bisa dipengaruhi oleh penerbangan yang jauh ataupun udara dingin di Eropa yang jauh berbeda dibandingkan yang ada di sini. Bisa juga karena kondisi lapangan di sini sangat keras," tambah pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini.

Dengan proses adaptasi sangat cepat, membuat Klok sudah bisa mengikuti seluruh program latihan pra musim yang telah disusun Hodak.

Pengoleksi 100 laga untuk PSM itu pun berpeluang dimainkan di ajang play-off Piala AFC 2020 melawan klub Timor Leste, Lalenok United, pada 22 Januari 2020 nanti.