Bola Internasional

Bali United Kalah, Rekor Buruk Tim Indonesia di Liga Champions Asia Terus Berlanjut

Selasa, 21 Januari 2020 20:36 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
kekalahan telak Bali United atas Melbourne Victory di Preliminary round 2, membuat rekor buruk tim Indonesia di ajang Liga Champions Asia terus berlanjut. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
kekalahan telak Bali United atas Melbourne Victory di Preliminary round 2, membuat rekor buruk tim Indonesia di ajang Liga Champions Asia terus berlanjut.

INDOSPORT.COM - Kekalahan telak Bali United atas Melbourne Victory di babak preliminary round 2, membuat rekor buruk tim Indonesia di ajang Liga Champions Asia terus berlanjut.

Bali United sendiri harus mengubur asa berlaga berlaga di kompetisi Liga Champions Asia usai takluk dari tuan rumah Melbourne Victory dengan skor telak 0-5 pada babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020, Selasa (21/01/20) WIB. 

Sejak menit pertama, tuan rumah tampak mendominasi permainan yang berlangsung di stadion AAMI Park tersebut. Serangan demi serangan dilancarkan Melbourne Victory ke gawang Bali United yang dijaga Wawan Hendrawan.

Silih berganti Migjen Basha (14'), Josh Hope (37'), Robbie Kruse (59'), Ola Toivonen (81'), dan Elvis Kamsoba (90') sukses menjebol jala Laskar Tridatu di pertandingan kali ini.

Dengan kekalahan yang diderita Bali United, maka satu rekor buruk tim Indonesia di babak kualifikasi Liga Champions Asia masih terus berlanjut dan belum terpecahkan hingga saat ini.

Rekor tersebut adalah kegagalan tim Liga Indonesia untuk bisa melangkah ke babak penyisihan grup melalui fase kualifikasi, dan hampir semua klub Tanah Air yang tampil di Preliminary round ataupun play off selalu terhenti di fase gugur.

Piala AFC sendiri mulai menggunakan sistem kualifikasi dan play off sejak tahun 2009 silam, dan hingga sekarang sudah ada delapan tim Indonesia yang pernah tampil di babak ini.

Sayangnya, tidak ada satupun tim yang berhasil lolos ke penyisihan grup. Mulai dari Persipura, Persib Bandung hingga Persija selalu terhenti di Preliminary round 2 ataupun babak play off.

Penampilan pertama klub Indonesia di babak kualifikasi Liga Champions Asia diwakili oleh PSMS Medan tahun 2009, memegang gelar runner up Liga Indonesia skuad Ayam Kinantan tersebut takluk dari Singapore Armed Forces dengan skor 2-1 di babak play off.

Juga begitu dengan Persib dan Persija, kedua tim tersebut harus terhenti di babak preliminary round 2 setelah kalah dari lawan-lawan mereka.

Lebih lengkapnya berikut rekam perjalanan tim-tim Indonesia di babak kualifikasi Liga Champions Asia sejak 2009:

Nama Tim (Musim) Pencapaian Terakhir
2009: PSMS Medan  Play Off (Kalah dari Singapore Armed Forces: 2-1)
2010: Sriwijaya FC Play Off (Kalah dari Singapore Armed Forces: 3-0)
2011: Sriwijaya Play Off (Kalah dari Al-Ain: 0-4)
2012: Persipura Jayapura Play Off (Kalah Adelaide United: 3-0)
2015: Persib Bandung Preliminary round 2 (Kalah dari Ha Noi T&T: 4-0) 
2018: Bali United Preliminary round 2 (Kalah dari Chiangrai United: 2-1)
2019: Persija Preliminary round 2 (Kalah dari Newcastle Jets: 3-1)
2020: Bali United Preliminary round 2 (Kalah dari Melbourne Victory: 5-0)