Liga Inggris

Kombinasi Starting XI Chelsea vs Arsenal: Mampu Rajai Liga Inggris?

Selasa, 21 Januari 2020 17:52 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Sky Sports
Chelsea vs Arsenal di Liga Inggris. Copyright: © Sky Sports
Chelsea vs Arsenal di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Jelang pertandingan big match Liga Inggris antara Chelsea vs Arsenal pada Rabu (22/1/20) dini hari WIB, berikut kombinasi starting XI terbaik kedua kesebelasan.

Pertandingan Chelsea vs Arsenal sendiri merupakan pertemuan kedua masing-masing tim musim ini. Sebelumnya, Chelsea dan Arsenal sudah bertanding di pertemuan pertama pada akhir Desember 2019 lalu. 

Saat itu, Chelsea berhasil merusak momen manis Arsenal yang berlaga kandang perdana di bawah asuhan Mikel Arteta. Kala itu The Blues menang tipis 2-1 dari Arsenal.

Sementara itu, usai kalah dari Chelsea, The Gunners pun bisa bangkit. Buktinya mereka berhasil menghajar Manchester United dan menyingkirkan Leeds United di Piala FA.

Akan tetapi pada dua pertandingan terakhir, Arsenal tak meneruskan tren kemenangannya. Sebab, tim berjuluk Meriam London ini mendapatkan hasil imbang dari Crystal Palace dan Sheffield United. 

Di sisi lain, Chelsea juga masih menunjukkan performa yang inkonsisten, di mana pada laga terakhir mereka harus bertekuk lutut dari Newcastle United. Chelsea kalah 0-1 ketika bertandang ke St. James Park.

Meski sama-sama kurang beruntung dalam beberapa pertandingan terakhir, namun gengsi serta harga diri masing-masing kesebelasan bakal membuat partai dini hari nanti tetap berjalan panas.

Demi menambah panasnya pertandingan Derby London dini hari nanti, berikut INDOSPORT.COM coba merangkum dan mengulas kombinasi starting XI Chelsea vs Arsenal.

Kiper

Pada sektor kiper bakal ditempati kiper Arsenal, Bernd Leno yang walau lebih banyak jumlah kebobolannya ketimbang Kepa Arrizabalaga namun pemain asal Jerman tersebut punya catatan penyelamatan terbaik.

Melansir dari laman resmi Liga Inggris, tercatat Bernd Leno telah melakukan 85 penyelamatan serta satu kali menahan tendangan penalti dalam 23 penampilan musim ini. Sementara Kepa Arrizabalaga melakukan 41 kali penyelamatan dalam 23 penampian di musim ini.

Dengan catatan tersebut, sangat layak jika Bernd Leno terpilih sebagai kiper utama dalam starting XI kombinasi Chelsea vs Arsenal.

Pemain Bertahan

© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
David Luiz melakukan selebrasi usai membobol gawang Bournemouth. Copyright: Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty ImagesDavid Luiz melakukan selebrasi usai membobol gawang Bournemouth.

Menggunakan taktik 4-3-3, empat pemain belakang dalam starting XI kombinasi Chelsea vs Arsenal bakal diisi Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, David Luiz, serta Sead Kolasinac.

Melihat dari beberapa pertandingan terakhir, kedua tim sejatinya tidak cukup bagus dalam melakukan pertahanan dan terbukti baik Arsenal maupun Chelsea gagal meraih kemenangan di pekan teranyarnya.

Meski begitu, statistik Kurt Zouma dan David Luiz selama musim ini tetap yang terbaik dan layak masuk dalam starting formasi gabungan Chelsea vs Arsenal.

Baik Kurt Zouma dan David Luiz sama-sama telah melakukan tekel sukses diatas 60%, sehingga bisa dikatakan jika keduanya merupakan pilar penting di lini pertahanan Chelsea maupun Arsenal.

Sementara Azpilicueta dan Sead Kolasinac merupakan wing back dengan tingkat agresivitas cukup tinggi, keduanya berhasil membantu penyerangan dan sering memberikan umpan dengan akurasi ketepatan diatas 20% musim ini.

Pemain Tengah

Tiga gelandang bakal ditempati N'Golo Kante, Mesut Ozil dan Mason Mount. Dua motor penggerak The Blues bakal menjadi dinamo permainan dalam starting XI kombinasi Chelsea vs Arsenal ini.

Kante dengan agresivitasnya bisa menjadi penyeimbang penyerangan serta pertahanan, sementara Mason Mount sebagai pemain muda dengan jumlah penampilan terbanyak dari seluruh gelandang Chelsea musim ini, akan membantu serangan dari lini kedua bersama Mesut Ozil yang kerap melepaskan umpan terukur tak terduga.

Pemain Depan

Trio ujung tombak formasi gabungan ini ditempati Willian, Tammy Abraham dan juga Pierre-Emerick Aubameyang. Penyerang muda Chelsea, Tammy Abraham bakal menjadi tumpuan untuk bisa mencetak gol.

Meski jumlah golnya kalah dari Aubameyang, namun pergerakan Tammy Abraham yang cukup agresif serta akurasi penyelesaian akhirnya yang lebih besar membuat dirinya lebih layak menjadi ujung tombak.

Total dalam 22 pertandingan, Tammy Abraham telah mencetak 13 gol dengan rasio akurasi tendangan sebesar 43%. Sementara Aubameyang yang meski mencetak 14 gol dari 22 laga cuma mencatatkan 40% akurasi tembakan.

Dengan data tersebut, Aubameyang bakal cocok ditempatkan sebagai penyerang sayap bersama dengan Willian yang punya kecepatan serta kerap kali memberikan asis.

Kombinasi Starting XI Chelsea vs Arsenal (4-3-3)
Bernd Leno; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, David Luiz, serta Sead Kolasinac; N'Golo Kante, Mesut Ozil dan Mason Mount; Willian, Tammy Abraham, Pierre-Emerick Aubameyang.