Liga Italia

Magis Lazio, Elang yang Kian Mengusik Persaingan Juventus dan Inter Milan di Serie A Italia

Selasa, 21 Januari 2020 07:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Marco Rosi/Getty Images
Lazio belakangan mampu memperlihatkan magisnya sebagai tim Elang Ibu Kota, yang kian mengusik persaingan Juventus dan Inter Milan di perburuan gelar juara Serie A Italia 2019/20. Copyright: © Marco Rosi/Getty Images
Lazio belakangan mampu memperlihatkan magisnya sebagai tim Elang Ibu Kota, yang kian mengusik persaingan Juventus dan Inter Milan di perburuan gelar juara Serie A Italia 2019/20.

INDOSPORT. COM - Lazio belakangan mampu memperlihatkan magisnya sebagai tim Elang Ibu Kota, yang kian mengusik persaingan Juventus dan Inter Milan di perburuan gelar juara Serie A Italia 2019/20.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia musim 2019/20 kini telah memasuki pekan ke-20. Juventus dan Inter Milan masih jadi dua tim teratas yang saling kejar mengejar angka memperebutkan posisi puncak.

Juventus untuk sementara unggul dari Inter Milan. Si Nyonya Tua sejauh ini mengumpulkan 51 poin, atau berjarak empat angka dari Inter Milan yang berada di posisi kedua.

Walau persaingan terlihat berfokus kepada Juventus dan Inter Milan, para pencinta sepak bola rasanya tak boleh meluputkan nama tim peringkat tiga Lazio.

Kiprah Lazio dalam beberapa waktu terakhir tampak makin menjanjikan untuk mengusik ketentraman persaingan Juventus dan Inter Milan.

Mari lihat ke tabel klasemen terlebih dahulu. Lazio sejauh ini menempati peringkat tiga dengan koleksi 45 poin, atau hanya berselisih dua angka saja dari Inter Milan.

Lazio bisa tergolong berpeluang besar menggusur Inter Milan, lantaran kini masih memainkan 19 laga, atau memiliki modal satu laga tunda. Artinya, jika laga tunda berhasil diakhiri dengan kemenangan, secara matematis Lazio unggul satu poin di atas Inter Milan.

Kalau persaingan dengan Juventus, Lazio memiliki jarak enam poin. Asumsikan saja Lazio juga sudah genap memainkan 20 laga, selisih poin akan berkurang lagi menjadi tiga poin saja.

Andai kondisi tersebut bertahan hingga pekan ke-33, Lazio memiliki peluang menggusur Juventus di laga pekan berikutnya. Mengapa? Pada laga pekan ke-34, Lazio akan berhadapan langsung dengan Juventus di Allianz Stadium.

Kebetulan, secara head to head musim ini, Lazio selalu berhasil memenangkan pertandingan saat jumpa Juventus. Bila itu terjadi lagi di laga pekan ke-34, Lazio berpeluang menyamai torehan poin Juventus.

Menariknya, Serie A Italia merupakan kompetisi yang lebih mendahulukan sistem perhitungan head to head, ketimbang selisih gol. Jadi, jika poinnya sama, Lazio diyakini bakal menggusur Juventus dari puncak klasemen, karena unggul soal head to head.

Hitung-hitungan seperti itu rasanya bisa terealisasikan oleh skuat Lazio. Bagaimana tidak, Lazio sampai sekarang berhasil menorehkan 11 kemenangan beruntun di Serie A Italia 2019/20, atau yang paling banyak dari para pesaingnya. 

Patut dinanti, apakah Lazio tetap menjaga konsistensi permainannya hingga akhir musim nanti? Jika berhasil, bukan mustahil justru Lazio yang akan menjuarai Serie A Italia 2019/20, bukan Juventus ataupun Inter Milan.