Bola Internasional

Andrew Nabbout, Pemain Melbourne Victory yang Bersinar Berkat Main Liga Malaysia

Selasa, 21 Januari 2020 08:52 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© melbournevictory.com.au
Pemain Melbourne Victory (Australia) Andrew Nabbout. Copyright: © melbournevictory.com.au
Pemain Melbourne Victory (Australia) Andrew Nabbout.

INDOSPORT.COM - Andrew Nabbout menjadi salah satu pemain Melbourne Victory paling diandalkan musim ini. Namun, siapa sangka kariernya diselamatkan oleh klub Liga Malaysia.

Di antara nama-nama pemain jebolan Eropa di Melbourne Victory, Andrew Nabbout sukses menyelip sebagai salah satu yang paling diandalkan klub juara empat kali Liga Australia itu.

Musim ini, Andrew Nabbout yang menjadi pilihan utama di sisi kanan lini serang Melbourne Victory hanya absen dalam tiga pertandingan di Liga Australia. Bahkan, dalam kesempatannya bermain sebanyak 11 kali, pria 27 tahun itu bisa melesatkan tiga gol dan dua assist.

Pentingnya keberadaan Andrew Nabbout di Melbourne Victory semakin tercermin dari dipercayakannya nomor punggung keramat, sembilan, untuk dipakai pemuda keturunan Lebanon itu.

Liga Malaysia

Jika dibandingkan dengan Ola Toivonen misalnya, Andrew Nabbout jelas masih sangat asing ditelinga penikmat sepak bola dunia, khususnya di Indonesia. Dalam rekam jejak karier pun demikian. Dimana Andrew Nabbout hanya lebih sering bermain di kompetisi lokal, Liga Australia.

Namun menariknya, dalam awal karier pria setinggi 175cm itu, dirinya pernah memtuskan untuk hijrah dari Liga Australia dan bermain di Liga Malaysia bersama klub Negeri Sembilan.

Momen tersebut terjadi pada Januari 2016, kala Andrew Nabbout sudah sekitar enam bulan tak memiliki klub usai dilepas Melbourne Victory, klub yang menjadi awal dirinya membentuk karier juga.

Keputusan Andrew Nabbout untuk hijrah ke Liga Malaysia bersama klub Negeri Sembilan saat usia emasnya (24 tahun) pada akhirnya bisa dibilang merupakan langkah yang tepat.

Sebab, di Negeri Sembilan itu Andrew Nabbout berhasil menemukan kembali penampilan terbaiknya yang sempat hilang karena cedera. Bahkan, berkat bermain bersama Negeri Sembilan itu, Andrew Nabbout juga mampu meningkatkan ketajamannya sebagai pemain depan.

Di Negeri sembilan, hanya dalam 12 pertandingan Liga Malaysia, Andrew Nabbout sukses mencetak delapan gol. Jumlah itu juga membuatnya menjadi top skor klub.

Lantaran penampilannya di Liga Malaysia itu, hanya setengah musim Andrew Nabbout langsung kembali menarik minat klub-klub Liga Australia. Hingga akhirnya dirinya merapat ke Newcastle Jets tepat di bulan Juli 2016.

Dua tahun di Newcastle Jets, Andrew Nabbout mampu menciptakan 18 gol dari 46 laga. Kariernya pun semakin bersinar. Terbukti dari panggilan Timnas Australia yang datang kepadanya di tahun 2018.

Mengawali debut di Timnas Australia pada Maret 2018 dalam pertandingan persahabatan melawan Norwegia. Andrew Nabbout pun menjadi salah satu pemain yang mengisi skuat Timnas bejuluk The Socceroos itu di Piala Dunia 2018. Hingga kini total sudah delapan penampilan ditorehkan Andrew Nabbout di Timnas Australia, dengan sumbangsih langsung satu gol.