Liga Indonesia

Intip Negara Penyumbang Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 2020, Brasil Dominan!

Selasa, 21 Januari 2020 19:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Negara Penyumbang Pemain Asing Terbanyak Liga 1 2020, Brasil Dominan! Copyright: © INDOSPORT
Negara Penyumbang Pemain Asing Terbanyak Liga 1 2020, Brasil Dominan!

INDOSPORT.COM - Hampir semua tim Indonesia telah melengkapi slot pemain mereka jelang kompetisi musim depan, berikut daftar negara penyumbang pemain asing terbanyak untuk Liga 1 2020 yang ternyata masih didominasi Brasil,

Memasuki pekan-pekan terakhir bulan Januari 2020, beberapa tim Liga 1 baru saja memperkuat skuad mereka dengan merekrut pemain asing baru bahkan tidak sedikit telah melengkapi slot pemainnya.

Teranyar ada Persipura yang baru saja merilis daftar pemain asing mereka musim depan pada hari ini, Selasa (21/1/20). Beberapa legiun asing yang resmi berseragam Mutiara Hitam antara lain Arthur Cunha, Thiago Amaral, Sylvano Comvalius serta Takuya Matsunaga.

Persipura menjadi tim ketujuh dari 18 klub peserta Liga 1 yang telah melengkapi slot pemain asing mereka, sebelumnya ada nama Bali United, Bhayangkara FC, Madura United, Persebaya, PSM serta TIRA-Persikabo yang telah lebih dulu.

Sejauh ini hanya Persik yang belum mengumumkan satupun punggawa asing mereka di Liga 1 musim depan, sementara Arema FC dan Persela jadi tim dengan jumlah pemain asing paling sedikit (satu pemain).

Hampir lengkapnya tim-tim Liga 1 untuk melengkapi kuota pemain asing mereka, memunculkan fakta dan data tentang negara penyumbang bintang terbanyak di Liga Indonesia musim depan.

Lantas negara mana yang jadi penyuplai pemain terbanyak di Liga 1 Indonesia? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkum dan mengulasnya.

1. Brasil

Hingga Selasa (21/1/20), jumlah pemain asing terbanyak di Liga 1 tercatat berasal dari negeri Samba, Brasil. Total ada 17 pemain asal Brasil yang bakal tampil di Indonesia musim depan, dan tersebar di hampir seluruh tim peserta.

Persipura, Persiraja, PSIS, dan TIRA-Persikabo jadi tim dengan pengguna jasa pemain asal Brasil terbanyak, yakni dua pemain untuk musim depan.

Sementara Persita, Persib dan Persija jadi klub yang sampai sekarang belum/tidak mendatangkan pemain Brasil, meski ketiga tim tersebut sudah merekrut beberapa punggawa asing dari berbagai negara.

2. Belanda

Negeri Kincir Angin Belanda jadi negara penyumbang pemain asing terbanyak kedua di Liga 1 musim depan, total ada lima meneer yang dipastikan tampil di kasta teratas Liga Indonesia.

PSM jadi tim yang paling loyal menggunakan jasa pemain Belanda, tercatat dua nama yakni Marc Klok dan Wiljan Pluim menjadi legiun asing Belanda yang masih dipertahankan sejak musim lalu. Sementara Bali United, Persib dan Persipura jadi klub dengan jumlah pemain Belanda paling sedikit (satu pemain).

3. Korea Selatan dan Palestina

Berikutnya ada dua negara dari kawasan Asia yang cukup populer bagi klub Liga 1, yakni Korea Selatan dan Palestina. Total ada tiga pemain dari masing-masing negara yang bakal tampil di Indonesia musim depan.

Bhayangkara FC jadi tim dengan jumlah pemain Korea Selatan terbanyak musim depan dengan total dua pemain, tepatnya saat mereka memboyong Lee Won-jae dan juga Lee Yoo-joon.

4. Uzbekistan dan Irak

Meski dua negara ini sebelumnya jarang menjadi pilihan utama klub-klub Liga 1, namun di musim ini Uzbekistan dan Irak berhasil menyumbang dua pemain mereka untuk berlaga di Liga Indonesia.

Brwa Nouri (Bali United) dan Brian Ferreira (Madura United) jadi legiun asing asal Irak yang tampil di Liga 1 Indonesia musim depan, sementara Javlon Guseynov serta Artyom Filiposyan (TIRA-Persikabo) menjadi perwakilan Uzbekistan.

5. Negara Lain

Meski cuma menyumbang satu pemain, namun negara-negara berikut ini tetap meramaikan panasnya Liga 1 Indonesia musim depan.

Beberapa negara minoritas yang bakal tampil di Liga 1 nanti antara lain, Australia, Finlandia, Kroasia, Argentina, Serbia, Pantai Gading, Ghana, Italia, Bosnia serta beberapa negara Eropa dan Afrika lainnya.

Untuk lebih lengkap, berikut tabel persebaran pemain asing yang berkompetisi di Liga 1 Indonesia musim depan:

Negara Asal Jumlah Pemain
Brasil 17
Belanda 5

Korea Selatan, Palestina

3

Uzbekistan, Irak

2

Australia, Finlandia, Kroasia, Argentina, Serbia, Pantai Gading, Ghana, Italia, Bosnia, Portugal, Liberia, Mali, Inggris, Ukraina, Filipina, Nepal, Jepang, Kirgistan, Lebanon.

1

*Per Selasa (21/1/20)