Liga Indonesia

Bojan Hodak Bahagia PSM Kedatangan Satu Pemain Timnas Indonesia

Kamis, 23 Januari 2020 10:51 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak saat konferensi pers jelang melawan Lalenok United, Selasa (21/01/20). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak saat konferensi pers jelang melawan Lalenok United, Selasa (21/01/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, semringah setelah kedatangan satu pemain Timnas Indonesia. Dialah Asnawi Mangkualam yang bakal bergabung setelah pulang dari menunaikan ibadah umroh bersama keluarganya.

Sebagaimana diketahui, Hodak telah kehilangan wonderkid berusia 20 tahun itu sejak Kamis (09/01/20). Padahal, pelatih berkepala plontos ini sangat membutuhkan tenaga Asnawi untuk mengisi pos bek sayap kanan PSM Makassar saat menjalani play-off Piala AFC 2020.

Alhasil, pada leg pertama melawan klub Timor Leste, Lalenok United, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (22/01/20), Hodak memasang bek anyar Dedy Gusmawan di pos tersebut. Kemudian, ia memainkan bek sayap kanan senior, Zulkifli Syukur, pada babak kedua.

"Asnawi sudah akan kembali. Sehingga akan memberikan saya satu opsi lagi," ungkap Hodak saat sesi jumpa pers pasca leg pertama yang berkesudahan dengan skor 4-1 untuk kemenangan PSM.

Walau menjadi kabar baik baginya, pelatih sepak bola berlisensi UEFA Pro ini mengaku tak akan gegabah memainkan Asnawi. Hodak ingin menyaksikan dan menganalisis terlebih dahulu rekaman video permainan pilar Timnas Indonesia U-23 tersebut.

"Jadi, terserah mau seperti apapun kesalahan yang dihilangkan dan hanya menampilkan yang terbaik di dalam video, itu tak berarti bagi saya. Paling penting ialah pemain harus memahami hal yang terbaik dan terburuk untuknya," tutur Hodak lagi.

Kembalinya Asnawi ke dalam skuat PSM tidak hanya memperkaya opsi bagi Bojan Hodak untuk pos bek sayap kanan. Tugas eks pelatih Timnas Malaysia U-19 ini juga akan semakin mudah setelah Bahar Muharram yang merupakan asistennya juga bakal kembali bekerja.

Sekadar informasi, Bahar Muharram merupakan ayah kandung Asnawi Mangkualam yang juga turut pergi menunaikan ibadah umroh. Kembalinya legenda hidup PSM itu melengkapi komposisi tim kepelatihan PSM yang dihuni oleh Bojan Hodak, Herrie Sertyawan, Hendro Kartiko, dan Syafril Usman.