Liga Indonesia

PSSI dan Asprov Segera Bahas Penambahan Kasta Kompetisi Liga Indonesia

Jumat, 24 Januari 2020 23:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB). Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

INDOSPORT.COM - Bersamaan dengan agenda kongres tahunan di Bali, PSSI akan membahas wacana kompetisi sepak bola Indonesia jadi empat kasta bersama 34 Asosiasi Provinsi (Asprov).

Beberapa tahun ini kompetisi di Indonesia berubah menjadi tiga kasta saja, yakni Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Kompetisi Liga 1 diikuti 18 klub, Liga 2 diikuti 24 klub dan Liga 3 diikuti ratusan klub.

Jika Liga 2 diikuti 24 klub dengan dibagi dua wilayah barat dan timur, Liga 3 juga terbagi menjadi dua. Ada 16 tim yang lolos babak pendahuluan, tanpa melalui provinsi. Sementara ratusan lainnya bertarung di tingkat provinsi, memperebutkan 20 tiket ke putaran nasional Liga 3.

Sementara dari era perserikatan lalu, ada empat kasta kompetisi di sepak bola Indonesia. Mulai Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua dan Divisi Tiga.

Pembahasan mengenai penambahan kasta kompetisi Liga Indonesia ini akan dibahas bersama 34 Asprov di Bali, Sabtu (25/01/20) dan Minggu (26/01/20).

"Wacana ini ada, tapi belum pasti. Kita harus bicara dulu dengan Asprov. Apakah mereka siap? karena ini berkaitan dengan banyak hal, mulai infrastruktur, anggaran dan sebagainya," ucap ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam galadinner kongres tahunan PSSI di Hotel Discovery Kartika Plaza, Kuta, Bali, Jumat (24/1/20).

Rencana pertemuan PSSI dengan 34 asprov ini merupakan agenda tambahan dalam kongres tahunan PSSI. Beberapa perwakilan Asprov yang ditemui INDOSPORT mengaku belum tahu mengenai agenda ini.

Jika memang nantinya empat kasta mewarnai sepak bola Indonesia, tentu akan ada plus minus. Dampak positifnya bisa membuat tim-tim amatir yang non-kompetisi dapat berpartisipasi di kompetisi yang dikelola PSSI.