In-depth

Sama-sama Dikaitkan ke Persib, Lebih Cocok Bruno Matos atau Irfan Bachdim?

Sabtu, 25 Januari 2020 15:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© ibachdim
Siapakah yang lebih cocok untuk komposisi Persib Bandung pada Liga 1 musim depan, Bruno Matos atau Irfan Bachdim? Copyright: © ibachdim
Siapakah yang lebih cocok untuk komposisi Persib Bandung pada Liga 1 musim depan, Bruno Matos atau Irfan Bachdim?

INDOSPORT.COMPersib Bandung tengah mencari amunisi baru di bursa transfer Liga 1 2020. Dua nama besar, seperti Bruno Matos dan Irfan Bachdim pun diisukan masuk dalam target.

Kabar Bruno Matos akan bergabung ke Persib muncul melalui beberapa akun media sosial miliki fans Maung Bandung. Sebagian besar dari mengatakan jika Bruno Matos akan datang.

Bahkan pelatih Persib Robert Rene Alberts sempat mengomentari rumor kepindahan Bruno Matos ke Bandung pada kompetisi Liga 1 2020.

"Kami tahu Bruno, kami tahu kualitasnya dan dia sudah tahu sepak bola Indonesia. Dia juga sudah pernah bermain di level AFC jadi dia sudah punya pengalaman," ujarnya.

Selain Bruno Matos, Persib juga dikaitkan dengan bintang Bali United dan Timnas Indonesia Irfan Bachdim. Rumor itu muncul dari akun Twitter Indostransfer.

Akun yang fokus terhadap aktivitas sepak bola Indonesia tersebut menyebutkan bahwa Irfan Bachdim akan meninggalkan Bali United pada bursa transfer Liga 1 2020 ini.

Lalu siapakah yang lebih cocok untuk komposisi Persib Bandung pada Liga 1 musim depan, Bruno Matos atau Irfan Bachdim?

Jika melihat musim lalu, tugas Irfan Bachdim dan Bruno Matos memang berbeda. Namun keduanya sama-sama bisa memainkan permainan sebagai gelandang serang, pemain sayap, hingga second striker.

Persib sendiri sebenarnya memiliki berbagai opsi di posisi tersebut. Di sector sayap, mereka punya Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Puja Abdillah, Billy Kerafm Ghozali Siregar, dan Frets Butuan.

Sedangkan di gelandang serang, Persib punya sosok Gian Zola, Beckham Putra, dan Kim Jeffrey Kurniawan. Dengan begitu, sangat mubazir jika Perisb mendatangkan Irfan Bachdim dan Bruno Matos secara bersamaan.

Bruno Matos atau Irfan Bachdim?

© Grafis:Ynt/Indosport.com
Pemain Bhayangkara FC, Bruno Matos dirumorkan merapat ke Persib Bandung. Foto: Instagram@#brunomatos Copyright: Grafis:Ynt/Indosport.comPemain Bhayangkara FC, Bruno Matos dirumorkan merapat ke Persib Bandung. Foto: Instagram@#brunomatos

Pada paruh kedua Liga 1 2019 lalu, Bruno Matos merupakan salah satu pilar utama di lini depan Bhayangkara. Ia menjelma sebagai salah satu mesin gol Guardians.

Menurut laporan situs Transfermarkt, Bruno Matos mampu mengemas 9 gol dan 2 assists dari 17 pertandingan di Liga 1 2019 lalu. Torehan ini sangat apik untuk seorang gelandang serang.

Jumlah gol Bruno Matos hanya kalah dari penyerang naturalisasi Herman Dzumafo (10 gol). Wajar, Bruno Matos baru memulai kompetisi pada paruh kedua.

Apabila Bruno Matos memainkan kompetisi Liga 1 2019 sejak awal musim, maka bukan tidak mungkin jika jumlah golnya akan jauh melampaui torehan Dzumafo.

Sementara itu, Irfan Bachdim juga merupakan salah satu pilar utama Bali United pada Liga 1 2019. Terhitung, ia memainkan 18 laga dan mengoleksi 3 gol dan 1 assist.

Jika membandingkan produktivitas, penampilan Irfan Bachdim masih kalah dengan Bruno Matos. Meski bermain sejak awal musim, Irfan tak mampu mengumpulkan lebih dari 5 gol.

Meski begitu, belum ada jaminan jika Bruno Matos akan lebih baik dari Irfan Bachdim untuk Persib di Liga 1 2020. Jawabannya hanya bisa terjawab jika salah satu dari mereka benar-benar datang.