In-depth

Sama-sama Didominasi Asing, Liga Inggris dan Liga 1 Punya Kesamaan

Sabtu, 25 Januari 2020 20:03 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Kompetisi elite Eropa Liga Inggris nyatanya punya sedikit kesamaan dengan kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Persamaan itu ada dalam daftar top skor. Copyright: © INDOSPORT
Kompetisi elite Eropa Liga Inggris nyatanya punya sedikit kesamaan dengan kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Persamaan itu ada dalam daftar top skor.

INDOSPORT.COM – Kompetisi elite Eropa Liga Inggris nyatanya punya sedikit kesamaan dengan kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1. Persamaan itu ada dalam daftar top skor.

Seperti yang sudah diketahui, daftar top skor kompetisi Liga 1 selalu didominasi penyerang asing dalam tiga musim terakhir.

Pada Liga 1 2019 lalu, penghargaan pencetak gol terbanyak disematkan kepara penyerang andalan Persija Jakarta Marko Simic. Ia mampu mengemas 28 gol.

Mundur ke musim sebelumnya, penyerang Tira Persikabo Aleksandar Rakic berhasil menjadi yang terdepan dalam perburuan top skor dengan torehan 21 gol.

Sylvano Comvalius memulai dominasi pemain asing dalam urusan top skor di Liga 1. Ia mampu mengumpulkan 37 gol di Liga 1 2017 lalu, sekaligus menjadi top skor sepanjang masa dalam satu musim.

Situasi ini memang bisa dikatakan sangat wajar, mengingat hampir seluruh klub Liga 1 memilih untuk menggunakan sosok penyerang asing di lini serang mereka.

Kebanyakan klub memutuskan untuk bermain aman, sehingga tidak banyak memberikan kesempatan atau menit bermain kepada penyerang lokal.

Hal inilah yang akhirnya membuat Timnas Indonesia mengalami krisis striker ganas haus gol ketika berada di depan gawang lawan.

Fenomena dominasi pemain asing dalam daftar top skor di Liga 1 ini nyatanya juga hampir mirip dengan kompetisi Liga Inggris, setidaknya dalam dua musim terakhir.

© Michael Regan/Getty Images
Mohamed Salah berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Man Untied, Minggu (19/01/20). Copyright: Michael Regan/Getty ImagesMohamed Salah berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Man Untied, Minggu (19/01/20).

Pada musim 2017/18 lalu, top skor Liga Inggris berhasil diraih oleh bintang Liverpool asal Mesir, yakni Mohamed Salah. Pemain muslim tersebut sukses mengemas 32 gol.

Namun penyerang lokal Inggris memberikan perlawanan yang cukup ketat dalam persaingan top skor di musim tersebut. Adalah Harry Kane (30 gol) yang mampu menyaingi produktivitas Salah.

Sedangkan di edisi Liga Inggris selanjutnya, tidak ada sosok penyerang lokal dalam daftar tiga besar. Pemain yang mampu mengisi posisi tiga besar itu bahkan sama-sama berasal dari Afrika.

Pemain tersebut adalah Pierre-Emerick Aubameyang, Sadio Mane, dan Mohamed Salah. Ketiga bintang itu sama-sama mengoleksi 22 gol di musim 2018/19.

Pada musim ini, penyerang lokal Inggris nyatanya bisa menghancurkan dominasi pemain asing dalam daftar top skor. Mengingat Jamie Vardy tengah kembali ke performa terbaiknya.

Hingga pekan ke-24 ini, Vardy mampu menduduki puncak daftar top skor dengan mengumpulkan 17 gol. Ia unggul satu gol dari rival terdekatnya Sergio Aguero.

Dengan begitu, posisi puncak Vardy ini masih sangat belum aman. Liga Inggris bisa saja kembali menghadirkan pemain asing dalam penghargaan pencetak gol terbanyak.

Namun penyerang Leicester City tersebut mampu tampil konsisten di sisa kompetisi musim ini, maka ia berpeluang menghancurkan dominasi pemain asing dalam daftar top skor Liga Inggris.